adplus-dvertising

Buton Kembangkan Potensi Wisata Alam Berbasis Kearifan Lokal

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Selasa, 14 September 2021
250 dilihat
Buton Kembangkan Potensi Wisata Alam Berbasis Kearifan Lokal
Jembatan Kali Topa di Desa Wabula, salahsatu objek wisata yang baru dikembangkan di Buton. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Iis Elianti menekankan masing masing sektor pariwisata, khususnya wisata alam agar dapat dikembangkan sesuai kearifan lokal masyarakat Buton. "

BUTON, TELISIK.ID - Kabupaten Buton menjadi sebagai salah satu daerah tujuan wisata terkenal, karena mempunyai potensi wisata yang telah dikembangkan, baik alam maupun budaya.

Untuk itu Wakil Bupati Buton, Iis Elianti menekankan masing masing sektor pariwisata, khususnya wisata alam agar dapat dikembangkan sesuai kearifan lokal masyarakat Buton.

"Kabupaten Buton memiliki objek wisata yang didukung letak geografis dan kekayaan alam yang memiliki keunikan dan kekhasan yang potensial," kata Iis Elianti saat membuka Seminar Hasil Penelitian Identifikasi Potensi Wisata Alam Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Buton, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: RPJMD Disusun, Bupati Muna: Kita Sempurnakan yang Sebelumnya

Baca juga: Hari Pertama, Tes SKD CPNS dan PPPK di Buton Diikuti 200 Peserta

Selain itu, kata Iis Elianti, pariwisata memberikan keuntungan bagi tuan rumah, sebab dengan adanya pembangunan pariwisata akan menambah taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat pada bidang ekonomi.

"Pengembangan tersebut hendaknya memperhatikan aspek budaya, sejarah, dan daerah wisata sehingga kearifan lokal bisa dilestarikan," tuturnya.

Ia berharap, pengembangan harus diarahkan untuk tidak merusak nilai nilai dalam masyarakat melalui penyesuaian program menurut kapasitas masyarakat.

Kajian ini diharapkan mampu memberikan strategi pengembangan wisata berbasis kearifan lokal, sehingga potensi bisa dikembangkan  secara optimal. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga