Buton Selatan jadi Daerah Tertinggi Angka Stunting, Ini Langkah Diambil

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Jumat, 28 Juli 2023
0 dilihat
Buton Selatan jadi Daerah Tertinggi Angka Stunting, Ini Langkah Diambil
Kegiatan rembuk stunting, dalam rangka membahas pengoptimalan penurunan angka stunting di Kabupaten Buton Selatan. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Kabupaten Buton Selatan telah diidentifikasi sebagai salah satu daerah dengan angka stunting tertinggi di Sulawesi Tenggara "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Kabupaten Buton Selatan telah diidentifikasi sebagai salah satu daerah dengan angka stunting tertinggi di Sulawesi Tenggara.

Pemda Buton Selatan telah mengambil langkah serius untuk mengatasi masalah kesehatan itu, dan merencanakan program penurunan angka stunting yang komprehensif.

Angka stunting mencerminkan kondisi pertumbuhan fisik yang terhambat pada anak-anak, telah menjadi perhatian serius bagi otoritas kesehatan dan pemerintah daerah.

Menurut laporan terbaru dari Dinas Kesehatan kabupaten Buton Selatan, persentase anak-anak yang mengalami stunting mencapai angka 32 persen, jauh di atas rata-rata nasional. Sebelumnya, angka stunting di Buton Selatan mencapai 42 persen di tahun 2022.

Baca Juga: La Yadi Usia 102 Tahun jadi Jemaah Tertua Buton Selatan yang Tetap Bugar Jalani Rangkaian Ibadah Haji

Dalam menangani permasalahan itu, Pemda Buton Selatan telah bekerja sama dengan berbagai OPD terkait, pemerintah desa dan kelurahan lokus stunting, Tim Penggerak PKK dan instansi vertikal.

Pemda berkomitmen untuk mengoptimalkan program-program yang telah ada, dan mengembangkan inisiatif baru yang bertujuan untuk mengurangi angka stunting secara signifikan, sebelum memasuki tahun 2024.

“Tentu pemerintah daerah sangat prihatin dengan tingginya angka stunting di wilayah kita. Ini bukan hanya sekedar masalah tumbuh kembang anak saja, melainkan masalah kemanusiaan yang harus kita atasi bersama, sehingga angka stunting di Buton Selatan bisa turun sesuai dengan harapan kita semua,” ucap Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, Jumat (28/7/2023).

Dalam kegiatan rembuk stunting yang diselenggarakan di Gedung Lamaindo, dirangkaikan pula dengan diskusi terkait masalah stunting di Kabupaten Buton Selatan.

Baca Juga: Tangis Haru Keluarga Sambut Kepulangan Jemaah Haji Buton Selatan

“Salah satu langkah awal yang telah diambil oleh pemda adalah meningkatkan akses dan edukasi tentang gizi yang seimbang dan pentingnya pola makan yang sehat,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan, Dedi Hasriady.

Dalam diskusi tersebut, ia juga turut memaparkan beberapa data terkait angka dan lokus stunting tertinggi di Buton Selatan yakni berada di Kecamatan Batauga tepatnya di Kelurahan Laompo.

Pemda Buton Selatan juga berfokus pada pemberdayaan peran keluarga dalam upaya menurunkan angka stunting. Beberapa upaya terkait percepatan penurunan angka stunting juga telah dilaksanakan.

Dengan adanya langkah-langkah konkret yang diambil oleh Pemda Buton Selatan, diharapkan angka stunting di daerah itu akan menurun secara signifikan, selambat-lambatnya sebelum memasuki tahun 2024. (B)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga