Buton Selatan Terpantau Cerah Berawan, Wilayah Kepulauan Peringatan Dini Gelombang Tinggi

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Minggu, 04 Agustus 2024
0 dilihat
Buton Selatan Terpantau Cerah Berawan, Wilayah Kepulauan Peringatan Dini Gelombang Tinggi
Perahu cepat penyebrangan Pulau Siompu-Batauga saat melintas di perairan Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Wilayah Ibu Kota Buton Selatan dan sekitarnya akan didominasi cuaca berawan untuk satu Minggu kedepan. Sementara wilayah kepulauan di perairan Buton Selatan peringatan dini gelombang tinggi "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Wilayah Ibu Kota Buton Selatan dan sekitarnya akan didominasi cuaca berawan untuk satu Minggu kedepan. Sementara wilayah kepulauan di perairan Buton Selatan peringatan dini gelombang tinggi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Baubau, Yamin, melalui La Ode Nurdiansyah. Menurutnya, berdasarkan peta prakiraan cuaca untuk satu Minggu kedepan curah hujan di wilayah Kabupaten Buton Selatan kategorinya masih rendah.

Adapun akan terjadi hujan hanya berpotensi hujan ringan saja. Umumnya akan didominasi oleh cuaca cerah dan berawan utamanya di wilayah daratan Kabupaten Buton Selatan.

Ia mengungkapkan, apabila dilihat kembali memang di beberapa wilayah di Kepulauan Buton, utamanya pada Kabupaten Buton Selatan masih sempat terjadi hujan ringan.

Baca Juga: Jelang Pilkada, 3 Ribu Lebih Pemilih Pemula di Buton Selatan Belum Lakukan Perekaman e-KTP

Hal itu disebabkan adanya gangguan pada atmosfer sehingga kondisi kelembaban udara meningkat dan menjadi basah. Akan tetapi, ia menyebutkan, fenomena tersebut sudah selesai periodenya sehingga untuk satu Minggu kedepan cuaca didominasi cerah serta berawan.

Nurdiansyah manambahkan, saat ini iklim cuaca sudah memasuki awal musim kemarau, angin berhembus dari benua Australia melewati Indonesia menuju kearah Utara.

Sehingga kata dia, tekanan angin pada Benua Australia yang cukup tinggi tersebut ketika hembusan anginnya sampai ke Indonesia maka tekanan angin menjadi lebih rendah. Alhasil, gradian perbedaan angin dari kedua wilayah tersebut menghasilkan angin yang cukup kencang.

Untuk kecepatan angin pada wilayah Kabupaten Buton Selatan, bedasarkan peta prakiraan cuaca kekuatannya cukup relatif yang berkisar diantara 5-10 knot.

Sedangkan di beberapa wilayah yang mempunyai kekuatan angin yang cukup tinggi berkisar 15-16 knot juga terjadi di sekitaran wilayah Kepulauan Buton Selatan, seperti daerah Pulau Siompu dan Batuatas.

Ia kembali menegaskan bahwa angin Timur bergerak dari wilayah tekanan tinggi ke tekanan rendah. Namun kondisi tersebut, kata dia, masih dikategorikan cukup normal pada periode musim kemarau pasalnya tekanan angin dikatakan cukup tinggi apabila tekanan angin mencapai lebih dari 25 knot atau sekitar 27 meter per jam.

Kondisi angin kencang juga berbeda dengan angin puting beliung yang disebabkan oleh awan cumulonimbus itu sendiri. Pada umumnya, angin cumulonimbus sering terjadi pada periode peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau begitu pula sebaliknya.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Selatan Parinringi Imbau Kepala Sekolah Profesional Pilih Atlet

Terkait ketinggian gelombang pada perairan Buton Selatan pihak BMKG Maritim Kota Kendari telah mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya gelombang tinggi. Dengan ketinggian gelombang antara 1,25-2,5 meter yang berpeluang terjadi pada perairan Kota Baubau bagian arah selatan yang berbatasan langsung dengan perairan Buton Selatan khususnya di Pulau Kadatua.

Sementara itu, pada wilayah Kecamatan daratan Buton Selatan khususnya di Kecamatan Batauga dan setengah wilayah Kecamatan Sampolawa, akan didominasi cuaca cerah dan berawan.

Kemudian cuaca berawan serta hujan kecil bakal terjadi pada Wilayah Kecamatan Lapandewa dan sebagian Wilayah Kecamatan Sampolawa. Namun pada umumnya akan didominasi oleh cuaca berawan selama satu Minggu kedepannya.

"Kalau kita lihat di peta diperkirakan satu Minggu kedepan wilayah Buton Selatan umumnya cerah berawan," ungkapnya saat ditemui Telisik.id, Sabtu (3/8/2024). (C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga