Buton Tengah Siap Kembangkan Destinasi Wisata Gua

Mutarfin, telisik indonesia
Senin, 04 Mei 2020
0 dilihat
Buton Tengah Siap Kembangkan Destinasi Wisata Gua
Gua Maobu, Buton Tengah. Foto: Repro Festifal.com

" Kalau untuk wisata di Buteng kita lebih fokus pada wisata gua. Karena uniknya Buteng disitu. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID -  Pemerintah Buton Tengah melalui Dinas Pariwisata kini mulai fokus mengembangkan potensi wisata sebagai sumber pendapatan daerah, tepatnya destinasi wisata gua.

Pengembangan potensi wisata ini sangat berdasar mengingat Buteng memiliki banyak obyek wisata alam yang siap dibenahi untuk menjadi destinasi pilihan.

Kadis Pariwisata Buteng, Wujuddin, menyatakan, terkait pengembangan objek wisata, Buteng memprioritaskan pada objek wisata gua, karena merupakan ikon asli Buteng. Walaupun ada juga potensi pantai yang dikembangkan.

"Kalau untuk wisata di Buteng kita lebih fokus pada wisata gua. Karena uniknya Buteng disitu," ungkapnya, Senin (4/5/2020).

Ia menambahkan, sebelumnya potensi wisata pantai juga ada yang sudah dikembangkan. Namun Pemda tidak fokus, karena menyadari potensi terbesar Buteng, yang tidak dimiliki daerah lain di Sultra adalah potensi wisata gua.

Baca juga: Bejat, Pedagang Ayam di Muna Diduga Cabuli Anak Kandungnya

"Kalau untuk pantai, hampir semua daerah di Sultra memiliki obyek wisata pantai. Kalau kita fokus pada pantai kita akan kalah bersaing dengan daerah lain," ujarnya.

Selain itu, Buteng yang terkenal dengan tagline negeri seribu gua, menawarkan wisata unggulan Gua Oe Mamba dengan kedalaman airnya mencapai 200 meter yang terletak di Kecamatan Mawasangka Timur. Tempat ini menjadi incaran wisatawan penyelam. Bahkan wisatawan mancanegara seperti dari Prancis, Jerman serta Hongkong, sudah pernah mengunjungi gua ini.

Bukan hanya itu, Buteng juga memiliki Gua Maobu yang tak kalah menariknya, berada di Desa Lalibo, Kecamatan Wasangka Tengah dengan bongkahan batu karst, diameter sekitar 20-30 meter membentuk sebuah kolam alami yang berisikan air payau yang begitu jernih. Warna airnya yang biru dikelilingi batuan yang membentuk relief.

Wujudin sangat optimis, masih banyak tempat wisata gua lainnya yang bisa di explore demi mendongkrak eksistensi Buteng sebagai daerah wisata dengan seribu gua.

Reporter: Mutarfin

Editor: Rani

Baca Juga