Cabai dan Beras Turut Dominasi Kenaikan Harga di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 27 Maret 2023
0 dilihat
Cabai dan Beras Turut Dominasi Kenaikan Harga di Muna Barat
Sidak pasar yang dilakukan Pemerintah Daerah Muna Barat, Foto: Ist.

" Sidak di sejumlah pasar Muna Barat ditemukan sejumlah komoditas mengalami lonjakan harga "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sidak di sejumlah pasar Muna Barat ditemukan sejumlah komoditas mengalami lonjakan harga.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, berdasarkan hasil sidak pasar, khususnya Kecamatan Lawa terdapat beberapa komoditas yang mengalami lonjakan harga, antara lain beras dan cabai.

"Padahal kita ini penghasil cabai, ini dikarenakan cabai di Muna Barat dipasarkan di luar daerah," ungkap Bahri, Senin (27/3/2023).

Baca Juga: Berkeliaran di Jalan, Hewan Ternak Sapi Resahkan Warga Muna Barat

Seperti yang dituturkan oleh salah satu pedagang, harga cabai kini mencapai Rp50.000 sampai Rp60.000 yang harga awalnya kisaran Rp40.000.

"Ini dikarenakan kami pedagang mengambil cabai dari distributor yang tidak hanya dijual di Muna Barat saja, melainkan di luar daerah," ungkap Aluwia.

Untuk itu, sebagai solusi dari lonjakkan harga cabai itu, pemerintah daerah terus mencanangkan tanam cepat panen, sehingga cabai yang dijual bersumber dari pekarangan rumah, bukan dari lahan besar yang akan dijual ke daerah lain.

Baca Juga: Sanksi Menanti Kepala Desa di Muna Barat Jika Terlibat Politik Praktis

Sementara harga beras, baik beras premium dan beras medium berselisih Rp3000, untuk itu pemerintah daerah akan mengadakan kembali pasar murah dengan menyiapkan 26.020 per Kartu Keluarga untuk tiga komoditas.

"Dalam paket murah itu senilai Rp70.000 per paket, di antaranya lima kilogram beras, 1 kilogram gula pasir, dan minyak goreng satu liter," pungkas Bahri.

Maka, dalam pasar murah yang akan diadakan nanti, pemerintah daerah bekerjasama dengan Perum Bulog Raha, dengan kesepakatan harga tiap komoditas yakni beras per kilo Rp13.500, gula pasir Rp14.000 per kilo dan minyak goreng Rp19.000 per liter. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga