Cabup Muna Mulai dari Plt Bupati, Mantan Bupati, Pengacara, Birokrasi dan Mantan Polisi

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 29 September 2024
0 dilihat
Cabup Muna Mulai dari Plt Bupati, Mantan Bupati, Pengacara, Birokrasi dan Mantan Polisi
Lima Paslon Bupati-Wabup Muna yang bertarung di pilkada. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pilkada Muna 2024 diikuti lima pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati dengan latar belakang berbeda-beda "

MUNA, TELISIK.ID - Pilkada Muna 2024 diikuti lima pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati. Adapun lima paslon Bupati-Wabup Muna 2024 adalah Bachrun Labuta-La Ode Asrafil Ndoasa (Bahtera) nomor urut 1, LM Rajiun Tumada-Purnama Ramadhan (RahmaTnya Muna) nomor urut 2.

La Ode Kardini-Noor Dhani (Karunia) nomor urut 3, Abdul Rahman-Awal Jaya Bolombo (AJB) nomor urut 4 dan La Ode Husuna Ringa Jhon-Syarifudin Udu nomor urut 5.

Menariknya, kelima calon bupati itu berbeda-beda latar belakang. Bachrun Labuta dari birokrasi yang saat ini menjabat sebagai Plt Bupati Muna.

Lalu, LM Rajiun Tumada, mantan Bupati Muna Barat yang pada Pilkada 2020 lalu mengundurkan diri dari jabatannya demi merebut kursi 01 Muna. Sayangnya, perjuangan Rajiun bersama pasangannya La Pili dikandaskan Paslon LM Rusman Emba-Bachrun Labuta.

Kali ini, Rajiun kembali mencari peruntungan di Pilkada Muna dengan menggandeng Ketua DPC Gerindra Muna, Purnama Ramadhan.

Baca Juga: Sah, Pilkada Muna Diikuti Lima Paslon

Kemudian, Cabup La Ode Kardini, birokrasi tulen yang untuk kali kedua maju bertarung di Pilkada Muna.

Dari tiga cabup itu, muncul dua wajah baru yakni Abdul Rahman yang berlatar belakang sebagai pengacara dan La Ode Husuna Ringa Jhon, mantan anggota kepolisian.

Kelima paslon itu mengklaim nomor urut yang didapat angka keberuntungan.

Bachrun Labuta bilang, nomor urut 1 merupakan angka istimewa. Di Pilkada  2020, bersama LM Rusman Emba mendapat nomor 1 dan menjadi pemenang.

"Nomor 1, nomor keberuntungan untuk mengulang kemenangan," kata Bachrun, Minggu (29/9/2024).

Begitu juga dengan Rajiun. Nomor 2 sama dengan nomor urutnya di Pilkada 2020 lalu. Begitu juga dengan di Muna Barat. Lalu, anaknya kembar dua dan pada pilpres, nomor 2 merupakan nomor urut presiden terpilih, Prabowo.

Cabup La Ode Kardini, optimis nomor urut 3 akan menjadi bupati dan wabup terpilih. Karena pada Pilkada 2010 lalu, lima calon, dua di antaranya, almarhum LM Baharuddin dan LM Rusman Emba sudah terpilih menjadi bupati.

Baca Juga: Zakaruddin Saga Tinggalkan Ringa Jhon karena Potensi Rahman - AJB Menang Pilkada Muna

"Kini, giliran saya," timpalnya.

Cabup Abdul Rahman memaknai nomor urut 4 sesuai dengan program yang ditawarkan yakni, Muna Bersinar (Bersih, Indah, Sejahtera dan Religius).

Sementara itu, Cabup La Ode Husuna Ringa Jhon mengatakan, nomor urut 5 adalah anugerah. Karena angka 5 dalam kepercayaan Romawi merupakan angka yang memulai menuju perubahan dan kemandirian. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga