Calon Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara Tampilkan Sosial Project

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 21 Maret 2024
0 dilihat
Calon Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara Tampilkan Sosial Project
Calon Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara saat menampilkan atraksinya. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Pemilihan Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara memasuki tahapan terakhir. Sejumlah kelompok telah menampilkan social project yang ditawarkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemilihan Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara memasuki tahapan terakhir. Sejumlah kelompok telah menampilkan social project yang ditawarkan.

Kelompok terakhir yang tampil yakni kelompok 4 dengan tema gender dan jenis kelamin. Atraksi mereka terlihat membuat haru para penonton, karena membahas terkait perempuan dan laki-laki.

Mereka menampilkan atraksinya berkolaborasi dengan SMAN 12 Kendari, disambut sangat antusias.

Wakil Ketua Forum Genre Indonesia Sulawesi Tenggara, Anjani mengatakan bahwa social project yang dilakukan oleh kelompok 5 merupakan hari terakhir.

"Mereka ini kami berikan kesempatan untuk membuat suatu kolaborasi ke teman-teman sejawat mereka, apa saja kegiatan sosialisasi yang akan mereka lakukan," kata Anjani, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga: Sosok Afifah Arif Mansur, Seorang Parlemen Remaja jadi Duta Museum Sulawesi Tenggara

Kata Anjani, ini akan menjadi salah satu bahan penilaian untuk menjadi peserta di forum genre Indonesia Sulawesi Tenggara.

"Ini kami punya 5 kelompok, ini termasuk kelompok terakhir, di hari terakhir kami adakan social project untuk forum genre Indonesia Sulawesi Tenggara," ujar Anjani.

Jumlah pendaftar calon Duta Genre Indonesia di Sulawesi Tenggara sebanyak 121 orang, namun yang diterima sudah 30 orang. Penerimaan masing-masing 15 orang di setiap kabupaten/kota.

Pendaftarannya dimulai sejak Januari kemarin. Saat ini sudah ditutup dan telah memasuki rangkaian atau tahapan terakhir. Rencananya malam puncak akan digelar pada bulan April mendatang.

"Sebelumnya kami sudah melakukan beberapa tahapan mulai open rekrutmen, wawancara dan sudah banyak langkah-langkah yang dilakukan dan ini adalah tahap terakhir yang akan kita nilai, sehingga pada saat mereka sudah terpilih, kami akan melakukan karantina selama 5 hari 4 malam di April 2024 itu," kata Anjani.

Ia berharap Duta Genre tahun 2024 menjadi icon untuk remaja-remaja sekitar yang bisa memberikan dampak positif, bahwa remaja adalah agen perubahan yang akan menjadi tulang punggung Indonesia di 2024, khususnya pada bonus demografi sehingga para remaja ini bisa menjadi contoh dan teladan untuk remaja-remaja lain.

Ia menjelaskan, Genre merupakan generasi berencana, yang mempunyai wadah di bawah naungan dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN).  

"Kami ini organisasi di bawah naungan BKKBN, kami menjadi tongkat estafet para remaja untuk membahas betapa pentingnya permasalahan remaja," tutur Anjani.

Baca Juga: Brand Terpercaya, Wardah jadi Sponsor Beauty Class And Handsome Class di Finalis Duta Manajement 2023

Sementara Kepala Sekolah SMAN 12 Kendari, Sudarso turut mengapresiasi kegiatan yang ditampilkan oleh calon Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara, yang telah berkolaborasi dengan anak didiknya. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat bagi para remaja lainnya.

Selain itu kata Sudarso, dari atraksi yang dibawakan kelompok 5, tema dan penampilannya mampu memukau para penonton sehingga terbawa dengan suasana yang ditampilkan.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut, anak didiknya juga mempu menjadi anak berprestasi dan harapannya kepada calon Duta Genre Indonesia bisa mewakili Sulawesi Tenggara.

Sementara, Ketua Pelaksana Kegiatan, La ode agessi rasihu merasa bangga dengan apa yang telah ditampilkan, karena dengan persiapan yang singkat mampu memukau para penonton hingga terbawa suasana.

"Kami merasa ini penampilan yang luar biasa  dan ikut bangga karena melihat penonton antusias melihat berbagai atraksi dan penampilan kami," katanya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga