Calon Gubernur Benny Laos Tewas Akibat Ledakan Speedboat di Taliabu

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 12 Oktober 2024
0 dilihat
Calon Gubernur Benny Laos Tewas Akibat Ledakan Speedboat di Taliabu
Speedboat terbakar di Pelabuhan Bobong, Pulau Taliabu. Calon Gubernur Maluku Utara, Benny Laos menjadi korban meninggal dunia. Foto: Repro tribunews.com

" Kabar duka datang dari Provinsi Maluku Utara. Benny Laos, calon Gubernur Maluku Utara dan mantan Bupati Pulau Morotai, meninggal dunia dalam insiden tragis ledakan speedboat di Pelabuhan Bobong, Pulau Taliabu "

TALIABU, TELISIK.ID – Kabar duka datang dari Provinsi Maluku Utara. Benny Laos, calon Gubernur Maluku Utara dan mantan Bupati Pulau Morotai, meninggal dunia dalam insiden tragis ledakan speedboat di Pelabuhan Bobong, Pulau Taliabu, Sabtu (12/10/2024).

Benny, yang dikenal sebagai salah satu kepala daerah terkaya di Indonesia, menjadi korban ledakan yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIT. Saat itu, speedboat yang ditumpanginya bersama sang istri, Sherly Tjoanda, terbakar hebat saat pengisian bahan bakar.

Menurut informasi yang dihimpun dari tribunnews.com, kobaran api dan asap hitam tebal menyelimuti speedboat. Warga sekitar segera berusaha menolong para penumpang, termasuk Benny dan istrinya.

Meskipun upaya pertolongan medis berupa Resusitasi Jantung Paru (RJP) telah dilakukan, Benny tidak dapat diselamatkan akibat luka bakar yang parah dan patah tulang kaki.

Kasi Operasi Basarnas Ternate, Bram, mengonfirmasi kabar meninggalnya Benny Laos. Ia menjelaskan bahwa ledakan terjadi pada speedboat Bela 72, yang membawa rombongan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara nomor urut 4.

Baca Juga: Hilang Sepekan, Pria Paruh Baya Ditemukan Meninggal di Perkebunan Sawit Konawe Utara

Ledakan tersebut memicu kebakaran di seluruh badan speedboat saat bersandar di pelabuhan, tepat saat pengisian bahan bakar berlangsung.

Beberapa korban terluka dalam insiden ini. Sepuluh penumpang berhasil dievakuasi, dengan empat orang dilarikan ke RSUD Bobong, dua lainnya ke Puskesmas Bobong, dan empat lagi ke klinik Dokter Ama.

Hingga kini, masih ada korban yang terjebak di dalam speedboat, dan jumlah pasti korban belum bisa dipastikan.

Sosok Benny Laos

Benny Laos adalah sosok yang cukup dikenal di kancah politik Maluku Utara. Ia menjabat sebagai Bupati Pulau Morotai periode 2017-2022 bersama Wakilnya, Asrun Padoma.

Baca Juga: Sorawolio Jadi Wilayah dengan Prevalensi Stunting Tertinggi di Baubau

Pada Pilkada 2017, pasangan ini berhasil memenangkan 49,74 persen suara dengan dukungan dari partai besar seperti PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PKB, dan Nasdem.

Sebelum menjadi Bupati Pulau Morotai, Benny Laos pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Maluku Utara pada Pilkada 2013-2018, berpasangan dengan Syamsir Andili.

Meskipun gagal dalam pemilihan tersebut, namanya tetap diperhitungkan di dunia politik Maluku Utara.

Selain dikenal sebagai politisi, Benny Laos juga dikenal sebagai salah satu kepala daerah terkaya di Indonesia. Menurut laporan Kompas.com, Benny masuk dalam daftar 10 kepala daerah terkaya dengan total kekayaan mencapai Rp 510,5 miliar.

Sebagian besar kekayaannya berupa surat berharga senilai Rp 248,6 miliar, serta 139 bidang tanah dan bangunan yang bernilai sekitar Rp 158,2 miliar. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani  

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga