Camat, Lurah dan Kades Harus Terlibat Aksi Tanggap Bencana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
Camat, Lurah dan Kades Harus Terlibat Aksi Tanggap Bencana
BPBD Bombana saat melakukan survei dan kaji cepat dalam rangka mempercepat penanganan dan penanggulangan bencana di Desa Rompu-Rompu, Kecamatan Poleang Utara. Foto. Ist.

" Tanggap bencana ini bukan saja tugas BPBD atau pemerintah kabupaten saja, melainkan tugas bersama "

BOMBANA, TELISIK.ID - Sebagai upaya pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana alam, Pj Bupati Bombana meminta seluruh camat, lurah dan desa melibatkan diri.

Dalam suratnya Nomor: 360/191/BPBD terdapat 5 tugas yang dipandang perlu dilakukan oleh kecamatan, kelurahan dan desa. Di antaranya pembuatan peta potensi rawan bencana, pembuatan jalur evakuasi, kegiatan sosialisasi kebencanaan, pengadaan alat pelindung diri (APD) dan pembentukan tim relawan.

Kepala BPBD Bombana, Hasdin Ratta menjelaskan, saat ini pemerintah dalam dalam tahapan penyusunan dan penetapan RPJMDesa, olehnya itu dipandang tepat jika dibahas dan menjadi bagian dari program pembangunan desa menuju desa berkembang dan desa mandiri.

"Tanggap bencana ini bukan saja tugas BPBD atau pemerintah kabupaten saja, melainkan tugas bersama. Melalui surat ini, camat, desa dan kelurahan programkan pembuatan peta rawan bencana, jalur evakuasi, pengadaan APD (alat pelindung diri) dan bentuk tim tanggap bencana," jelasnya kepada Telisik.id, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga: Pelajar di Bombana Dilatih Cegah dan Atasi Kebakaran

Baca Juga: Ini 9 Desa Terkaya di Indonesia

Asrun, Kepala Desa Hambawa Kecamatan Mataoleo, saat dikonfirmasi mengatakan, surat yang diterbitkan oleh Pj bupati kepada seluruh camat, lurah dan kepala desa bertepatan dengan penyusunan dan penetapan RPJM Desa, maka program tanggap bencana menjadi bagian dari program kerja tahun 2023.

"Program tanggap dan kesiapsiagaan terhadap bencana ini langsung kami masukkan menyesuaikan dengan RPJM Desa tahun 2023. karena kami terima suratnya juga bertepatan dengan momen penyusunan dan penetapan rencana pembangunan desa," ucap Asrun. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga