adplus-dvertising

Candi Sukuh, Mirip Piramida Suku Maya di Meksiko

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 30 November 2021
742 dilihat
Candi Sukuh, Mirip Piramida Suku Maya di Meksiko
Candi Sukuh yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Foto: Repro travelspromo.com

" Indonesia indah dan unik tidak hanya karena dikelilingi lautan dan pulau-pulau, namun juga terdapat berbagai macam candi "

KARANGANYAR, TELISIK.ID - Indonesia indah dan unik tidak hanya karena dikelilingi lautan dan pulau-pulau, namun juga terdapat berbagai macam candi.

Candi-candi di Indonesia umumnya memiliki stupa, seperti Candi Borobudur dan Prambanan. Namun, berbeda dengan Candi Sukuh yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Mengutip wikipedia.org, Candi Sukuh adalah sebuah kompleks candi Hindu yang secara administrasi terletak di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.


Candi ini dianggap kontroversial karena bentuknya yang kurang lazim dan karena penggambaran alat-alat kelamin manusia secara eksplisit pada beberapa figurnya.

Melansir kompas.com, meski sama-sama terbuat dari batu sebagaimana candi pada umumnya, tetapi Candi Sukuh tidak memiliki stupa seperti candi-candi lainnya.

Baca Juga: Tinggal Menghitung Hari, Saksikan Kemeriahan Festival Wakatobi Wive 2021

Bahkan saat dilihat, Candi Sukuh sekilas mirip dengan Piramida Suku Maya (Chichén Itzá) di negara Meksiko, Benua Amerika.

Candi Sukuh tepatnya berlokasi di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari pusat Kabupaten Karanganyar menuju Candi Sukuh adalah sekitar 23,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Meski bentuknya sekilas mirip dengan Piramida Suku Maya, Candi Sukuh merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Menurut situs resmi Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, candi yang menghadap ke arah barat ini didirikan abad ke-15 Masehi.

Pembangunan Candi Sukuh dilakukan pada masa pemerintahan Suhita, Ratu Majapahit yang memerintah tahun 1429-1446.

Candi di ketinggian 910 meter di atas permukaan laut ini dibangun dengan tiga teras yang melambangkan tingkatan menuju kesempurnaan.

Baca Juga: Yuk, Intip Keindahan Danau Tailaro Nto' Oge di Pulau Kapota

Ada pula relief yang juga melambangkan ketiga dunia, yakni dunia bawah, dunia tengah, dan dunia atas. Ketiga dunia itu menunjukkan tahap yang harus dilalui manusia untuk mencapai nirwana. 

Keunikan Candi Sukuh yang berlokasi di lereng barat Gunung Lawu itu dapat dinikmati secara leluasa oleh masyarakat. Itu karena Candi Sukuh merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Karanganyar.

Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, yakni hanya Rp 10.000 per orang, baik saat hari libur maupun hari biasa.

Untuk memasuki Candi Sukuh, wisatawan harus mengenakan kain Kampuh yang sudah disediakan pengelola. Tarif sewa kain adalah seikhlasnya dan harus dikembalikan di pintu keluar candi. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga