Capai 96,6 Persen, BPJS Ketenagakerjaan Muna Barat Masuk Kandidat Paritrana Award

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 27 Februari 2024
0 dilihat
Capai 96,6 Persen, BPJS Ketenagakerjaan Muna Barat Masuk Kandidat Paritrana Award
Kabupaten Muna Barat masuk sebagai salah satu kandidat penerima paritrana award. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Masuk Paritrana Award, Jaminan Ketenagakerjaan di Muna Barat telah mencapai 96,6 persen untuk jaminan bagi pekerja rentan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Masuk Paritrana Award, Jaminan Ketenagakerjaan di Muna Barat telah mencapai 96,6 persen untuk jaminan bagi pekerja rentan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Tenggara Abdurrohman Sholih mengatakan, ada tiga dari 17 kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara yang masuk Paritrana Award yaitu Muna Barat, Wakatobi, dan Konawe Selatan.

"Paritrana Award 2024 penilaiannya dilakukan di 2023 lalu, dan dilaksanakan serentak di provinsi masing-masing," ujarnya saat di temui di Swis Bell Hotel Kendari, Selasa (27/2/2024).

Dari tiga kabupaten sebagai kandidat ini telah dinilai dari beberapa indikator, yakni dukungan regulasi dari masing-masing pemerintah daerah, kegiatan kerja konkrit yang dilakukan masing-masing Pemda untuk implementasi program BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Kenaikan Harga Beras di Muna Barat Resahkan Masyarakat

Untuk itu, salah satu ukuran bagi pemenang nantinya yaitu dilihat dari coveragenya yang paling tinggi, dan dilihat dari respon tim penilai.

Kemudian untuk tim penilai tidak sepenuhnya dari pihaknya tetapi ada tim penilai berjumlah sembilan orang, yang diketahui salah satunya Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan, langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah untuk memenuhi atau mencapai jaminan ketenagakerjaan bagi masyarakat, yaitu dengan mendaftarkan masyarakat pekerja rentan ke BPJS Ketenagakerjaan.

"Bagi pekerja rentan yang artinya tidak memiliki upah tetap dianggarkan melalui APBD," ujarnya.

Baca Juga: Sosok Al Munardin, dari Penyelenggara hingga Kembali Jadi Bakal Calon Bupati Muna Barat

Untuk Muna Barat sendiri telah mendaftarkan 38.000 lebih jiwa atau 96,6 persen ke dalam BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian tiap desa juga mendaftarkan sebanyak 100 jiwa melalui Dana Desa.

Kepala Dinas Nakertrans Muna Barat, La Ode Sagala mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja, tarifnya hanya Rp 16.800.

"Jika telah terdaftar selama dua atau tiga tahun, anak mendapat tanggunan beasiswa dari sejak ia bersekolah hingga perguruan tinggi," ujarnya.

Untuk total penerimaan terbagi beberapa yaitu jika pendaftar meninggal tanpa kecelakaan dijaminkan Rp 42 juta, jika meninggal kecelakaan berkisar Rp 70 juta, sementara untuk kecelakaan kerja ditanggung hingga sembuh dan upah selama sakit digantikan. (A-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga