Cara Ampuh Hilangkan Bau Makanan dari Microwave

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 26 Agustus 2023
0 dilihat
Cara Ampuh Hilangkan Bau Makanan dari Microwave
Microwave biasanya digunakan untuk memasak, menghangatkan makanan atau membuat camilan, bisa berbau atau mengeluarkan aroma tertentu. Foto: Repro Grid.id

" Ada beberapa cara mudah untuk hilangkan bau makanan dari microwave "

KENDARI, TELISIK.ID - Microwave biasanya digunakan untuk memasak, menghangatkan makanan atau membuat camilan, bisa berbau atau mengeluarkan aroma tertentu.

Penggunaan microwave dapat membuat microwave kotor dan berbau. Kondisi ini sebenarnya tidak begitu aneh, mengingat setiap masakan yang terbuat dari daging, ikan, camilan seperti popcorn, hingga berbagai jenis sayuran, akan menguap jika terkena panas. Dan uap tersebut akan memenuhi dinding dan menempel di bagian dalam microwave.

Berikut cara mudah hilangkan bau makanan dari microwave, dikutip dari Dutaserviceac.com dan Kompas.com di antaranya:

1. Air sabun

Sebelum mulai hilangkan bau makanan dari microwave, terlebih dahulu Anda harus membersihkan bagian dalam microwave dengan menggunakan spons yang dibasahi air hangat yang dicampur sabun cuci piring.

Baca Juga: Cara Hilangkan Bau Tak Sedap dari Tempat Sampah

Jika cara pertama ini tidak berhasil menghilangkan bau atau aroma yang muncul, selanjutnya Anda bisa mencoba menggunakan beberapa cara lain.

2. Soda kue

- Siapkan sebuah mangkok yang aman dimasukkan ke dalam

microwave. Tambahkan secangkir air dan 2 sendok makan soda kue lalu aduk hingga rata

- Masukkan mangkok yang berisi air campuran soda kue tersebut ke dalam microwave dan masak selama kurang lebih 3-5 menit

Baca Juga: 4 Cara Hilangkan Bau Ketiak

- Setelah itu, matikan microwave dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Singkirkan mangkok yang berisi air campuran soda kue, bersihkan bagian dalam microwave dengan menggunakan kain atau spons atau handuk kertas

3. Kopi

Ampas kopi merupakan pewangi ampuh untuk microwave Anda, berkat sifat uniknya. Salah satu karakteristik yang menonjol adalah kemampuan bawaan ampas kopi untuk menyerap dan menghilangkan berbagai bau.

Saat dimasukkan ke dalam microwave, ampas kopi berfungsi sebagai penetral aroma alami, mengatasi bau yang sering tertinggal akibat tumpahan makanan atau makanan gosong. Di samping itu, kopi kaya akan nitrogen, senyawa yang terkenal karena kemampuannya melawan bau. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga