Cara Bersihkan Lemari Dapur, Bebas Kotoran dan Noda Minyak

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 13 September 2023
0 dilihat
Cara Bersihkan Lemari Dapur, Bebas Kotoran dan Noda Minyak
Lemari dapur merupakan salah satu bagian yang penting diperhatikan ketika membersihkan. Foto: Kompas.com

" Lemari dapur merupakan salah satu bagian yang penting diperhatikan ketika membersihkan. Lemari dapur biasanya sering terpapar debu dan noda minyak karena sebagian besar aktivitas dapur berada di sini "

KENDARI, TELISIK.ID - Lemari dapur merupakan salah satu bagian yang penting diperhatikan ketika membersihkan. Lemari dapur biasanya sering terpapar debu dan noda minyak karena sebagian besar aktivitas dapur berada di sini.

Agar dapur tetap bersih dan rapi, penting untuk secara rutin membersihkan lemari dapur. Berikut cara membersihkan lemari dapur dari kotoran dan noda minyak dengan efektif seperti dilansir dari Kompas.com dan Beritasatu.com:

1. Alat dan bahan

Sebelum membersihkan lemari dapur, siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan seperti:

Lap kain bersih

Air hangat

Sabun cuci piring

Sikat gigi bekas atau sikat kecil

Kemoceng

Baca Juga: Deretan Benda Berbahaya yang Tak Boleh Simpan di Mobil, Berakibat Fatal

2. Kosongkan lemari

Langkah pertama adalah mengosongkan seluruh isi lemari dapur. Keluarkan semua piring, mangkuk, gelas, dan peralatan lainnya. Ini akan memudahkan dalam membersihkan setiap sudut dan sela lemari.

2. Bersihkan

Setelah lemari dapur kosong, lepaskan dan buang kertas rak jika ada, kemudian bersihkan remah-remah dan debu dari rak serta laci lemari. Bersihkan bagian atas. Jika lemari dapur setinggi plafon, bagian atas rak bisa menjadi magnet kekacauan.

Siapkan bangku atau tangga yang kokoh untuk menjangkau bagian atas lemari dapur, lalu bersihkan debu menggunakan kemoceng bergagang panjang atau vacuum cleaner dengan sambungan sikat berbentuk bulat.

3. Basahi lap dan tambahkan sabun

Basahi lap kain bersih dengan air hangat dan tambahkan sedikit sabun cuci piring. Campur hingga membentuk busa. Ini akan membantu melunakkan noda minyak dan kotoran yang melekat pada permukaan lemari.

4. Bersihkan permukaan luar lemari

Gunakan lap yang telah dibasahi dengan sabun untuk membersihkan permukaan luar lemari dapur. Hindari menggosok terlalu keras, terutama jika lemari menggunakan lapisan finishing kayu. Gosok permukaan dengan gerakan lembut dan berulang-ulang hingga semua noda dan kotoran hilang.

5. Bersihkan rak dan sela

Untuk membersihkan rak dan sela dalam lemari bisa menggunakan sikat gigi bekas atau sikat kecil untuk mengakses area yang sulit dijangkau. Basahi sikat dengan campuran air dan sabun, lalu gosok perlahan untuk menghilangkan noda dan kotoran.

Baca Juga: Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Pindah Rumah Baru

6. Keringkan dan finishing

Setelah membersihkan dengan sabun, basuh lemari dengan lap kain yang dibasahi dengan air bersih untuk menghilangkan residu sabun. Setelah itu, biarkan lemari mengering secara alami atau gunakan lap kering untuk mengeringkannya.

7. Kembali isi lemari

Setelah lemari dapur bersih dan kering, saatnya untuk mengembalikan semua peralatan dan barang ke dalamnya. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menatur kembali isi lemari agar lebih efisien dan teratur. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga