Cara Bersihkan RAM Tanpa Aplikasi di Android dan iPhone

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 02 Oktober 2023
0 dilihat
Cara Bersihkan RAM Tanpa Aplikasi di Android dan iPhone
RAM merupakan memori utama sebuah ponsel. Ia berfungsi menyimpan data dari program atau aplikasi yang sedang dijalankan. Foto: Repro Sonora.id

" Semakin besar kapasitas RAM, maka biasanya makin dilirik calon pembeli. Ukuran RAM handphone bervariasi, mulai dari 1, 2, 3, 4, 6, 8, sampai 12 GB "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu faktor terbesar saat smartphone Anda sudah lemot adalah karena Random Acess Memory (RAM) yang sudah penuh, sehingga kinerja ponsel menurun.

Dilansir dari Inet.detik.com, sebagian orang memperhatikan RAM saat hendak membeli ponsel. Semakin besar kapasitas RAM, maka biasanya makin dilirik calon pembeli. Ukuran RAM handphone bervariasi, mulai dari 1, 2, 3, 4, 6, 8, sampai 12 GB.

Dilansir techtarget.com, RAM merupakan memori utama dalam sebuah ponsel. Ia berfungsi untuk menyimpan data dari program atau aplikasi yang sedang dijalankan. Tapi, data tidak tersimpan secara permanen dalam RAM melainkan hanya bersifat sementara.

Ketika smartphone menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, maka memori RAM banyak terpakai. Semakin dipakai dan tanpa dihapus, memori akan penuh dan berdampak pada melambatnya performa HP meski memiliki kapasitas RAM yang besar sekalipun.

Oleh sebab itu, hendaknya membersihkan RAM secara berkala dan manual supaya kinerja ponselmu tetap gacor. Penasaran dengan caranya? Cek cara membersihkan RAM yang penuh pada uraian di bawah ini.

Cara Membersihkan RAM HP Tanpa Aplikasi

Seperti kita tahu, terdapat berbagai merek ponsel yang ada sekarang ini. Cara membersihkan RAM HP yang penuh pada tiap-tiap brand smartphone biasanya berbeda.

Baca Juga: Ini 5 Daftar Ponsel Kapasitas RAM Besar

Lalu bagaimana  cara membersihkan RAM HP? Berikut ini penjelasan lengkapnya dikutip dari Sonora.id.

Android

1. Jangan Pernah Menggunakan Aplikasi Pembersih RAM

Hal ini karena tidak semua aplikasi berfungsi dengan baik dan justru semakin menguras kapasitas RAM.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Anda dapat masuk ke menu “Pengaturan atau Setting” lalu pilih “Apps atau Application Manager.” Setelah itu, pilih “Uninstall” untuk menghapus aplikasi tersebut. Akan tetapi, jika aplikasi tersebut tidak dapat dihapus, Anda dapat menghentikannya dengan pilih “Disable.”

3. Gunakan Alternatif Aplikasi

Anda dapat menggunakan alternatif aplikasi yang tidak memakan RAM terlalu banyak, contohnya, menghapus aplikasi Instagram dan memilih membukanya melalui website.

4. Perbarui Sistem atau Software

Anda dapat melakukannya dengan membuka “Setting” lalu pilih “System Updates.” Selanjutnya, pilih “Check for Updates” kemudian instal pembaruan yang tersedia.

Baca Juga: Rekomendasi HP Rp 1 Jutaan Terbaik, Ada RAM 8 GB

iPhone

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Caranya dengan menekan aplikasi tersebut cukup lama lalu klik tanda silang untuk menghapusnya.

2. Matikan Efek dan Transisi Menu

Dengan membuka “Pengaturan” lalu pilih “General” kemudian pilih “Aksesibilitas.” Selanjutnya, klik “Reduce Motion”. Aktifkan. Setelahnya, kembali ke menu “Aksesibilitas” lalu pilih “Increase Contrast” dan tap “Reduce Transparency.”

3. Restart Secara Berkala

Anda dapat melakukan restart dua hari sekali atau sekali setiap hari guna membuat performa HP bisa lebih lancar.

4. Lewat Tombol Power

Cara yang terakhir adalah dengan membersihkannya melalui tombol power. Pastikan iPhone tidak terkunci lalu tekan tombol daya hingga slider power muncul kemudian tap tombol “Home” selama lima detik saat slider tersebut muncul. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga