Cara Buat Air Mawar Sendiri di Rumah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 08 Juli 2023
0 dilihat
Cara Buat Air Mawar Sendiri di Rumah
Anda juga bisa membuat air mawar sendiri di rumah. Membuat air mawar sendiri ini bisa menghemat pengeluaran. Foto: Liputan6.com

" Air mawar dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan kulit. Hal ini dibuktikan dengan berbagai produk perawatan kulit yang menjadikan mawar sebagai salah satu kandungan utamanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Air mawar dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan kulit. Hal ini dibuktikan dengan berbagai produk perawatan kulit yang menjadikan mawar sebagai salah satu kandungan utamanya.

Air mawar didapat dari ekstrak kelopak bunga mawar dari sejumlah proses. Air ini biasa digunakan dalam perawatan kulit dan parfum alami.

Produk air mawar bisa ditemukan dengan mudah sebagai skincare harian. Kamu juga bisa membuat air mawar sendiri di rumah. Membuat air mawar sendiri ini bisa menghemat pengeluaran.

Air mawar yang kamu gunakan juga akan bebas dari bahan kimia. Berikut cara membuat air mawar sendiri di rumah, dirangkum Liputan6.com dan kompas.com:

Baca Juga: Tips Kuliahkan Anak dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta

1. Teknik pendidihan

Pendidihan adalah cara termudah dan tercepat untuk membuat air mawar. Kamu cuma membutuhkan kelopak mawar segar, air sulingan (distiled water), saringan, panci, gelas ukur, dan wadah tertutup seperti botol.

Siapkan 2 hingga 3 bunga mawar segar. Pisahkan kelopaknya, bersihkan dengan air untuk menghilangkan kotoran yang ada. 2 sampai 3 bunga mawar bisa menghasilkan 1 gelas kelopak mawar.

Rendam kelopak dalam 1 ½ gelas air. Gunakan air sulingan atau distiled water. Tempatkan panci di atas kompor dan bawa air ke api kecil. Tutup hingga mendidih.

Biarkan selama 15 hingga 30 menit atau sampai kelopaknya kehilangan warna atau kelopak berubah picar. Matikan api dan biarkan dingin sepenuhnya.

Kamu dapat menggunakan saringan atau kain lembut untuk memisahkan kelopak dan air mawar. Setelah selesai, buang kelopaknya.

Air mawar bisa dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Menggunakan botol semprotan atau toples adalah cara terbaik untuk menyimpan air mawar. Air ini bisa bertahan selama satu minggu di suhu ruang dan bisa disimpan di lemari es hingga satu bulan.

2. Teknik merebus

Kumpulkan seikat kelopak mawar, tergantung seberapa banyak air mawar yang ingin dibuat. Cuci dan bersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran. Tambahkan ke dalam panci Tuangkan air secukupnya agar semua kelopak terendam.

Pastikan menggunakan air yang sudah disaring bersih untuk ini. Letakkan wajan di atas api kecil dan tutupi. Didihkan ini selama 45-50 menit. Setelah mendidih, kelopaknya akan kehilangan warnanya. Biarkan air benar-benar dingin. Saring air ke dalam wadah kedap udara, dan dinginkan. Kita dapat menyimpannya hingga satu bulan dan dipakai berulang kali.

3. Teknik penghalusan

Siapkan dan bersihkan kelopak mawar. 2-3 bunga mawar bisa menghasilkan 1 gelas kelopak mawar. Sesuaikan dengan jumlah yang kamu butuhkan.

Baca Juga: Ini Hal Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Nama Bayi

Bagi kelopak bersih menjadi dua tumpukan yang sama. Hancurkan tumpukan pertama di ulekan. Pindahkan ke mangkuk masukkan kelopak yang sudah dihancurkan ke mangkuk.

Biarkan selama 2 hingga 3 jam agar cairan menebal. Campurkan kelopak yang tersisa dan diamkan selama 24 jam pada suhu kamar.

4. Didihkan kelopak mawar

Tempatkan campuran kelopak mawar dengan 1 gelas air sulingan dalam panci keramik. Jangan menggunakan panci logam karena akan menghilangkan minyak dan memengaruhi pewarnaan air mawar. Atur panas ke rendah dan didihkan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga