Cara Cegah Makan Berlebihan Saat Lebaran

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 23 April 2023
0 dilihat
Cara Cegah Makan Berlebihan Saat Lebaran
Makan terlalu banyak membuat organ tubuh bekerja lebih keras untuk mengeluarkan hormon dan enzim ekstra untuk memecah makanan. Foto: Repro Tribunnews.com

" Makan berlebihan bisa menyebabkan perut membesar melebihi ukuran normalnya, untuk menyesuaikan diri dengan jumlah makanan yang banyak "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat berkunjung ke rumah sanak saudara untuk bersilahturahmi, kita sering disuguhkan berbagai menu makanan yang lezat. Sehingga membuat kita menjadi kalap alias makan berlebihan.

Padahal, makan berlebihan bisa menyebabkan perut membesar melebihi ukuran normalnya, untuk menyesuaikan diri dengan jumlah makanan yang banyak.

Melansir Nu.or.id, Ahli Gizi Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Fahmy Arif Tsani mengatakan, setelah lebaran sebaiknya pola makan perlu diperhatikan karena lambung masih dalam penyesuaian usai berpuasa selama 30 hari.

Dari sisi jumlah porsi makan harus berimbang utamanya terkait dengan kandungan karbohidrat dan lemak. Misalnya, dalam satu piring makanan pokok cukup sepertiga, sepertiga sisanya sumber serat dan vitamin yakni sayur. Sepertiga sisanya dibagi dua yaitu lauk pauk hewani-nabati, dan juga buah-buahan.

Makan terlalu banyak juga membuat organ tubuh bekerja lebih keras untuk mengeluarkan hormon dan enzim ekstra untuk memecah makanan. Bagi yang sedang ingin menurunkan berat badan, makan berlebihan saat lebaran juga bisa menghancurkan program diet yang sedang dibangun seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: 6 Bahaya Makan Es Krim Berlebihan yang Harus Diwaspadai

Lalu bagaimana cara mencegah makan berlebihan? Berikut ulasannya.

1. Makan perlahan

Makan perlahan mungkin memberi otak lebih banyak waktu untuk menyadari bahwa perut sudah kenyang dan mengirimkan isyarat untuk berhenti makan. Mengambil lebih banyak waktu untuk makan dapat meningkatkan rasa kenyang dan membuat kita merasa seolah-olah makan lebih banyak daripada yang sebenarnya.

2. Terapkan mindfulness saat makan

Dengan menerapkan mindfulness, kita bisa melatih fokus pikiran pada pengalaman, emosi, dan pikiran mereka dari waktu ke waktu dengan cara yang tidak membatasi. Riset 2014 melaporkan bahwa kebiasaan makan dengan fokus atau mindfulness bisa menurunkan perilaku makan berlebihan atau emotional eating.

3. Hindari minuman manis

Baca Juga: 4 Bahaya Terlalu Sering Makan Gorengan

Salah satu hidangan yang banyak disuguhkan saat lebaran adalah minuman manis. Sebaiknya, Anda ganti minuman manis tersebut dengan air putih. Minum minuman manis seperti soda atau sirup dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman manis juga dapat memicu makan berlebihan.

4. Periksa diri Anda sendiri

Makan berlebihan tanpa rasa lapar bisa menjadi tanda bahwa sesuatu yang lebih dalam sedang terjadi. Depresi dan kebosanan adalah dua masalah umum yang dikaitkan dengan keinginan untuk makan berlebihan. Untungnya, mengambil tindakan tertentu dapat membantu mengurangi makan berlebihan. Misalnya, cobalah melakukan aktivitas baru yang menyenangkan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga