Cara Cepat Hilangkan Noda Permen Karet di Pakaian

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 12 Juni 2023
0 dilihat
Cara Cepat Hilangkan Noda Permen Karet di Pakaian
Ada beberapa cara yang bisa Anda lalukan ketika pakaian terkena noda permen karet. Foto: Caping.co.id

" Noda permen karet yang menempel pada pakaian biasanya menimbulkan bekas, dan tak jarang menimbulkan kesulitan tersendiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Noda permen karet yang menempel pada pakaian biasanya menimbulkan bekas, dan tak jarang menimbulkan kesulitan tersendiri.

Semakin lama di biarkan, semakin mengeras dan sulit dihilangkan. Noda permen karet biasanya tak langsung hilang meski telah dicuci dan di sikat berulang kali. Namun, tak perlu khawatir karena ada beberapa cara membersihkan permen karet dari pakaian dengan bahan-bahan yang ada di rumah. 

Berikut beberapa cara hilangkan noda permen karet yang menempel:

1. Bekukan atau Panaskan Baju

Dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id, untuk mengeraskan permen karet dan dengan mudah melepaskannya dari pakaian, coba gosok area yang terkena permen karet dengan es batu. Setelah mengeras, keluarkan dengan cepat dengan pisau mentega atau pengikis.

Baca Juga: Tips Tetap Segar di Siang Hari Setelah Begadang

Anda juga dapat memasukkan pakaian ke dalam freezer ke dalam kantong plastik selama beberapa jam sampai permen karet mengeras.

2. Setrika

Untuk memastikan permen karet di baju tidak menempel di papan setrika, letakkan selembar karton di antara keduanya sebelum dimulai. Gunakan suhu sedang saat menyetrika, jika Anda tidak ingin permen karet meleleh dan membuat kotoran lebih lengket.

Tujuan menyetrika adalah agar permen karet menempel pada karton. Lakukan perlahan dengan cara menekan sampai permen karet telah melunak dan menempel pada karton Anda. 

3. Bekukan dengan es

Dikutip dari Kompas.com, menurut Mary Gagliardi, laundy expert Clorox, es batu efektif menghilangkan permen karet dari pakaian, baik permen karet yang masih baru maupun sudah mengeras.

Pembekuan biasanya cukup untuk menghilangkan sifat lengket permen karet sehingga permen karet mudah pecah dan lepas.

1. Tekan es batu langsung ke permen karet. Gunakan beberapa es batu karena es akan mencair saat Anda memegangnya, hal ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

2. Kikis potongan permen karet yang mengeras secara perlahan dengan sendok plastik atau pisau mentega.

3. Cuci menggunakan mesin cuci dengan detergen dan air terhangat yang direkomendasikan pada label perawatan. Sebelum memasukkan pakaian ke mesin pengering, pastikan tidak ada bekas permen karet pada kain. 

Baca Juga: Tips Pakai AC Saat Cuaca Panas agar Tagihan Listrik Tak Bengkak

4. Alkohol

Alkohol gosok juga dapat digunakan untuk menghilangkan permen karet dari pakaian. Berikut caranya:

1. Ambil permen karet sebanyak yang Anda bisa dengan jari. Uji alkohol gosok di tempat yang tidak mencolok pada pakaian karena dapat merusak kain sitetis atau kain halus, seperti sutra, asetat, rayon, dan wol.

2. Dengan menggunakan cotton swab, aplikasikan alkohol gosok pada area yang terkena permen karet.

3. Dengan menggunakan cotton swab, aplikasikan alkohol gosok pada area yang terkena permen karet.

4. Biarkan selama satu atau dua menit sampai alkohol menguap. Kikis permen karet yang sudah mengendur dengan pisau mentega.

5. Cuci dengan air terpanas yang direkomendasikan pada label perawatan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga