Cara Dapatkan Tidur yang Cukup di Malam Hari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 24 Agustus 2023
0 dilihat
Cara Dapatkan Tidur yang Cukup di Malam Hari
Tidur yang cukup dapat membuat stamina seseorang terjaga. Pasalnya, tidur adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan sehingga kita harus melakukannya dengan berkualitas. Foto: Kompas.com

" Tidur yang cukup dapat membuat stamina seseorang terjaga. Pasalnya, tidur adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan sehingga kita harus melakukannya dengan kualitas yang baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidur yang cukup dapat membuat stamina seseorang terjaga. Pasalnya, tidur adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan sehingga kita harus melakukannya dengan kualitas yang baik.

Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dengan rajin berolahraga, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, hingga melakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur.

Berikut cara mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari dilansir dari Kompas.com dan Detik.com:

1. Mendapatkan paparan cahaya matahari di siang hari

Mendapatkan paparan cahaya matahari di siang hari dapat membantu untuk mengatur ritme sirkadian yang merupakan jam biologis di dalam tubuh.

Baca Juga: Tak Perlu Konsumsi Obat, Cukup Lakukan Gerakan Ini untuk Perbesar Mr P

Mendapatkan paparan cahaya matahari yang cukup tidak hanya dapat meningkatkan energi di siang hari, namun juga meningkatkan durasi dan kualitas tidur di malam hari.

2. Kurangi paparan cahaya biru di malam hari

Cahaya biru berasal dari berbagai perangkat elektronik, termasuk handphone. Oleh karena itu, matikanlah handphone ketika akan tidur di malam hari fokus untuk istirahat.

3. Hindari kafein

Minuman atau makanan yang mengandung kafein sering dikonsumsi oleh banyak orang ketika mereka sedang bekerja. Namun, ketika hari sudah memasuki waktu sore, sebisa mungkin hindari kafein karena zat ini mempunyai efek agar tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: Hindari 7 Kebiasaan Ini Jika Tak Mau Gairah Seks Drop

4. Menghindari makan mendekati waktu tidur

Makan di malam hari mendekati waktu tidur dapat berdampak buruk pada kualitas tidur. Selain itu, makan dengan porsi banyak sebelum tidur juga dapat meningkatkan risiko penyakit asam lambung sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.

5. Melakukan kegiatan relaksasi

Melakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia. Beberapa kegiatan relaksasi yang dapat dicoba, seperti mendengarkan musik yang menenangkan, mandi dengan air hangat, membaca buku, hingga melakukan meditasi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga