Cara Hilangkan Noda Bandel dan Lengket di Setrika

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 21 Januari 2024
0 dilihat
Cara Hilangkan Noda Bandel dan Lengket di Setrika
Bersihkan noda di setrika bisa menggunakan bahan-bahan dapur di rumah Anda. Foto: Orami.co.id

" Setrika yang gosong bisa merusak pakaian jika tetap digunakan. Namun, jangan buru-buru membuangnya karena Anda bisa mencoba cara membersihkan setrika yang gosong dan lengket "

KENDARI, TELISIK.ID - Setrika yang gosong bisa merusak pakaian jika tetap digunakan. Namun, jangan buru-buru membuangnya karena Anda bisa mencoba cara membersihkan setrika yang gosong dan lengket.

Noda gosong tersebut bisa bikin kain lengket saat disetrika. Namun, tak perlu khawatir sebab Anda hanya memerlukan bahan-bahan sederhana yang bisa didapatkan dengan mudah di rumah. Selain itu, cara untuk membersihkannya pun tidak sulit untuk dilakukan.

Berikut cara bersihkan noda setrika tanpa dicuci seperti dilansir dari Cnnindonesia.com dan Briliofood.net antara lain:

1. Pasta gigi

Pertama, oleskan noda lengket di tapak setrika dengan pasta gigi. Pastikan setrika tersebut masih belum disambungkan ke listrik saat mengoleskan bahan ini, ya. Jika sudah, baru sambungkan setrika dengan saluran listrik.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Anak Tantrum

Sambil menunggu setrika panas, siapkan buku atau kertas. Nantinya kertas ini akan jadi alas saat noda lengket di setrika dihilangkan.

Selanjutnya, taburi kertas tersebut dengan garam yang agak banyak. Garam inilah yang jadi bahan dapur untuk mempraktikkan cara membersihkan noda lengket di setrika. Lalu, langsung gosokkan tapak setrika pada garam selama beberapa saat hingga noda lengket luntur dengan sendirinya.

Saat nodanya berhasil hilang, tapak setrika akan terlihat jauh lebih kinclong. Setelah itu, cabut saluran listrik setrika dan bersihkan sisa pasta gigi serta garam yang masih menempel pada tapak setrika dengan bantuan tisu. Setrika pun siap digunakan kembali tanpa khawatir lengket di kain.

2. Daun pisang

Gosong dan kerak yang menempel pada besi setrika dapat diatasi menggunakan daun pisang. Hal itu karena daun yang satu ini mengandung minyak alami yang mampu membantu melepaskan kerak gosong pada setrika.

Siapkan beberapa lembar daun pisang yang dibentangkan di meja tempat menyetrika. Lalu panaskan setrika. Jika sudah panas, gosok setrika secara perlahan pada daun pisang. Lapisan lengket plastik yang menempel di setrika akan berpindah ke daun pisang.

Lakukan secara berulang hingga setrika bebas dari gosong dan lengket. Anda bisa mengganti daun pisang yang sudah layu oleh setrika dengan daun yang baru.

3. Handuk basah

Handuk basah juga dapat digunakan untuk membersihkan tapak setrika yang gosong dan lengket. Caranya dengan membasahi handuk lalu lap pada permukaan besi setrika yang berkerak secara perlahan.

Baca Juga: Tips Ampuh Menaikan Berat Badan Tanpa Obat Penggemuk

Ulangi cara ini beberapa kali hingga kotoran menghilang. Namun cara ini hanya dapat dilakukan pada setrika yang kerak atau kegosongannya tidak begitu tebal.

4. Lilin

Lilin mampu mengangkat noda yang sangat keras seperti kerak yang gosong pada dasar setrika. Untuk membersihkan setrika menggunakan lilin, Anda harus menyalakan setrika pada suhu tinggi terlebih dahulu.

Setelah setrika panas, kemudian matikan. Dalam kondisi masih sangat panas, gosokkan lilin pada bagian yang berkerak lalu biarkan hingga dingin. Nantinya, kerak gosong pada setrika akan berpindah pada lilin yang telah memadat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga