adplus-dvertising

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 01 Oktober 2020
11298 dilihat
Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android
Untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android, ternyata bisa lho. Foto: Repro Tribunnews.com

" Namun, bagaimana rasanya jika foto yang ada di dalam album foto Android tidak sengaja terhapus? Ya, Anda pasti akan panik dan pusing bukan main. Apalagi, kalau momen yang diabadikan dalam foto tersebut tidak akan terulang kembali. "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengabadikan momen dengan berfoto sudah menjadi keharusan bagi sebagian masyarakat di mana pun mereka berada.

Namun, bagaimana rasanya jika foto yang ada di dalam album foto Android tidak sengaja terhapus? Ya, Anda pasti akan panik dan pusing bukan main. Apalagi, kalau momen yang diabadikan dalam foto tersebut tidak akan terulang kembali.

Jika hal tersebut terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Kini, Telisik.id akan akan mengulas cara mengembalikan foto yang terhapus di Android melalui beberapa aplikasi yang bisa digunakan.


Hanya saja yang perlu diingat, foto yang bisa dikembalikan adalah foto yang baru saja terhapus, karena foto tersebut sebenarnya belum benar-benar terhapus dari perangkat Android Anda. Oleh karena itu, Anda harus bergerak cepat untuk menyelamatkan foto-foto tersebut.

Berikut adalah 10 aplikasi yang ada di PlayStore yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android, sebagaimana dikutip dari Carisinyal.com

1. Dumpster

Dumpster, sebuah aplikasi yang menawarkan jasa dimana Anda bisa mengembalikan foto-foto yang terhapus dari perangkat Android Anda. Dalam aplikasinya, Dumpster akan berperan layaknya cloud storage. Sekali anda menginstal dan menggunakan Dumpster, maka secara otomatis aplikasi ini akan menyimpan foto-foto Anda di bin Dumpster.

Selain itu juga, Dumpster akan menjamin keamanan data dan juga foto yang tersimpan rapih di dalam bin dumpster. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan data juga foto. Nah, untuk mengembalikan foto yang terhapus, Anda hanya perlu mengecek bin saja dan restore foto yang sudah terhapus dalam ponsel.

2. DiskDigger photo recovery

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi Dumpster, DiskDigger photo recovery juga adalah salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di Android. Sistem kerja dari DiskDigger photo recovery ini dengan melakukan restore pada foto yang telah terhapus di perangkat Android.

Untuk menggunakan aplikasi DiskDigger photo recovery ini Anda tidak perlu repot untuk melakukan root pada perangkat Android. Namun, jika tidak melakukan root maka aplikasi ini memberikan beberapa batasan untuk menikmati fiturnya.

Sedangkan untuk Anda yang melakukan root Android, Anda bisa menikmati segala fasilitas yang tersedia di aplikasi DiskDigger photo recovery. Bukan hanya foto, bahkan Anda bisa mengembalikan video yang terhapus di Android.

3. DigDeep Image Recovery

Ingin mengembalikan foto yang terhapus di Android? Nah, kini aplikasi DigDeep Image Recovery bisa menjadi salah satu solusi yang terbaik untuk Anda gunakan. Aplikasi ini menjamin penggunanya untuk dapat melakukan restore foto yang terhapus di memori internal maupun memori eksternal.

Selain itu juga, DigDeep Image Recovery sangat mudah dan simpel digunakan oleh siapapun dan di perangkat Android manapun. Anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasi DigDeep Image Recovery, kemudian aplikasi ini secara otomatis akan melakukan scanning. Nah, setelah selesai scanning Anda bisa langsung menemukan foto yang hilang.

Baca juga: 8 Tips Agar Anak Lancar Berbicara yang Mudah Dilakukan Orang Tua

4. Deleted Photo Recovery Free

Kalau ingin mencari cara gratis untuk mengembalikan foto yang telah dihapus, maka Anda bisa mencoba aplikasi Deleted Photo Recovery Free. Aplikasi ini mengklaim mampu mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah dan cepat. Sebab, cara kerja dari aplikasi ini adalah mencari dan memindai foto yang terhapus dan dikembalikan seperti semula.

Untuk langkah-langkah pemakaiannya sangat mudah. Pertama, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasinya. Lalu, pindai semua foto di HP. Terakhir, tunggulah beberapa saat hingga Deleted Photo Recovery Free selesai mengembalikan foto Anda.

5. Restore Image

Mengembalikan foto yang hilang di Android kini bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Ya, Restore Image adalah salah satu cara berupa aplikasi yang akan mengembalikan foto yang hilang atau bahkan terhapus di Android. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya.

Restore Image siap melakukan restoring pada foto-foto yang telah terhapus baik disengaja maupun yang tidak disengaja. Selain itu juga, Anda tidak perlu melakukan rooting pada ponsel Android Anda. Bahkan, Restore Image juga tidak membutuhkan bantuan PC untuk mengembalikan foto yang terhapus.

6. Photo Recovery Workshop

Masih dengan aplikasi yang akan mengembalikan foto terhapus di perangkat Android Anda. Kali ini aplikasi tersebut dinamakan Photo Recovery Workshop. Dalam aplikasinya, Photo Recovery Workshop ini menjamin kemudahan pengguna untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus di Android.

Tak hanya itu saja, bahkan Photo Recovery Workshop mampu mengembalikan berbagai format foto dan video seperti  JPEG, PNG, TIFF, GIF, BMP, JPG, TIF, 3GP, juga MP4. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu menginstal aplikasi di Android.

7. Deleted Image Recovery

GreatStuffApps juga tak mau kalah dengan developer lainnya dalam menciptakan aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android. Adalah Deleted Image Recovery yang diklaim mampu untuk mengembalikan foto terhapus dengan format JPG, JPEG, dan PNG.

Aplikasi ini juga tidak meminta penggunanya untuk melakukan rooting pada Androidnya. Untuk menggunakan Deleted Image Recovery cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasi dan biarkan Deleted Image Recovery melakukan scanning.

Jika sudah selesai scanning, maka secara otomatis Deleted Image Recovery akan menunjukan foto yang terhapus. Mudah bukan?

Baca juga: Begini Bahaya Teknologi Bluetooth di Handphone

8. Photo Recovery

Selanjutnya ada aplikasi Photo Recovery yang disebut-sebut juga dapat mengembalikan foto yang terhapus di Android. Aplikasi ini tergolong cukup mudah dan tidak ribet digunakan. Photo Recovery diklaim mampu mengembalikan foto terhapus dengan sistem yang lebih baik.

Sebab, Photo Recovery ini menggunakan sistem dengan pencarian foto yang lebih mendalam. Juga, Photo Recovery menyediakan bin untuk Anda lebih leluasa mencari foto-foto yang terhapus ataupun tersembunyi.

9.  Deleted Photo Recovery

Kembali lagi dengan developer GreatStuffApps. Kali ini Deleted Photo Recovery bisa menjadi salah satu aplikasi besutan GreatStuffApps yang bisa diandalkan untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android. Dalam aplikasinya, Deleted Photo Recovery akan mengembalikan foto yang terhapus dengan mudha dan cepat.

Anda hanya perlu membuka aplikasinya, kemudian Deleted Photo Recovery akan melakukan scanning secara otomatis dan mencarikan foto terhapus untuk Anda. Anda hanya perlu memilih folder tempat dimana foto terhapus disimpan. Tenang saja, anda tak perlu melakukan rooting Android untuk menggunakan Deleted Photo Recovery.

10. Deleted Photo Recovery – Abdelrahman M. Sid

Aplikasi yang satu ini memiliki nama yang sama dengan aplikasi sebelumnya. Tak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Abdelrahman M. Sid ini juga memiliki fungsi yang sama, yakni mengembalikan foto yang terhapus di perangkat Android.

Dalam aplikasinya, Deleted Photo Recovery menawarkan cara untuk mengembalikan foto secara mudah dan cepat. Juga, Deleted Photo Recovery bisa digunakan pada ponsel Android yang tidak di-root. Jadi Anda tidak perlu repot melakukan rooting pada Android.

11. Deleted Photos Recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus di Android kali ini datang dari aplikasi Deleted Photos Recovery. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 60.000 kali pengunduh di PlayStore ini juga menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan pengembalian foto yang hilang.

Deleted Photos Recovery juga mengklaim bahwa aplikasinya mampu untuk mengembalikan foto yang terhapus bahkan foto yang tersembunyi dalam file di perangkat Android Anda. Anda tidak perlu PC dan juga tidak perlu melakukan rooting pada ponsel Android. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga