Cara Mengontrol Tekanan Darah di Tengah Momen Lebaran

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 23 April 2023
0 dilihat
Cara Mengontrol Tekanan Darah di Tengah Momen Lebaran
Banyak waktu luang yang dapat kita manfaatkan ketika lebaran. Namun, satu hal yang wajib diingat adalah kita tidak boleh mageran. Foto: Repro Kompas.com

" Meski terkesan enak dan mengeyangkan, penting untuk mengerem atau mengontrol asupan makanan khas lebaran agar tak menimbulkan gejala penyakit "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu momen lebaran yang ditunggu-tunggu adalah menyantap makanan khas hari raya. Makanan di saat lebaran biasanya berlemak dan bersantan.

Meski terkesan enak dan mengeyangkan, penting juga untuk mengerem atau mengontrol asupan makanan khas lebaran seperti opor ayam, rendang, gulai, dan sop iga, sehingga tak menimbulkan gejala penyakit. 

Berikut cara mengontrol tekanan darah dilansir dari Kompas.com dan Kontan.co.id:

1. Minum obat secara teratur

Liburan memang membuat kita merasa lebih bebas dari rutinitas harian. Tapi, jangan sampai kesehatan terabaikan selama momen penting.

Terutama bagi orang-orang yang menderita hipertensi sebab mereka harus berhati-hati sebelum menyantap makanan. Supaya tekanan darah tetap terkontrol selama lebaran, kita disarankan untuk tidak lupa meminum obat hipertensi.

2. Diet

Makan diet tinggi makanan segar dan bergizi, termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan sumber lemak sehat, seperti kacang-kacangan. 

Baca Juga: 3 Tanda Tekanan Darah Tinggi Harus Diwaspadai

3. Hindari makanan tinggi gula

Menghindari makanan tinggi gula yang memberikan kalori kosong, atau kalori yang tidak memiliki manfaat gizi lain, seperti soda manis, gorengan dan makanan penutup tinggi gula.  

4. Tidak minum Alkohol

Tidak minum minuman alkohol dalam jumlah berlebihan atau menjaga asupannya kurang dari satu gelas sehari untuk wanita atau dua gelas sehari untuk pria. Melakukan setidaknya 30 menit latihan sehari setidaknya 5 hari dalam seminggu, seperti berjalan, aerobik, mengendarai sepeda, atau berenang.

Mengenali tanda-tanda gula darah rendah saat berolahraga, termasuk pusing, kebingungan, lemas, dan banyak berkeringat.

5. Tetap aktif

Ada banyak waktu luang yang dapat kita manfaatkan ketika lebaran. Namun, satu hal yang wajib diingat adalah kita tidak boleh mageran. Tidur di kasur atau bermalas-malasan di sofa memang terasa nyaman, tapi kita harus tetap aktif bergerak.

Baca Juga: 4 Tips Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Bisa Kamu Coba

Ia menyarankan agar kita melakukan beberapa latihan fisik setidaknya selama 30 menit. Latihan fisik yang dimaksud bisa dengan jalan cepat atau latihan aerobik. Namun orang-orang yang telanjur mengidap hipertensi namun jarang bergerak disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan latihan fisik.

6. Konsumsi makanan sehat

Pola makan sehat adalah kunci untuk menurunkan dan mempertahankan tekanan darah pada tingkat yang normal. Mengonsumsi makanan tertentu, terutama yang tinggi nutrisi seperti potasium dan magnesium, dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Kita dapat memakan pistachio, buah beri, biji labu, dan buah jeruk yang kaya kandungan serat tinggi dan sumber vitamin alami. Makanan-makanan tersebut punya sifat pengatur tekanan darah dan merupakan alternatif yang lebih sehat daripada melahap makanan manis lainnya yang tidak menyehatkan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga