Cara Mudah Kosongkan dan Hapus Data iPhone Sebelum Dijual

Merdiyanto , telisik indonesia
Rabu, 12 Juni 2024
0 dilihat
Cara Mudah Kosongkan dan Hapus Data iPhone Sebelum Dijual
Sebelum dijual atau berpindah tangan, data-data di dalam iPhone harus dikosongkan dan dihapus. Foto: Kolase

" Menghapus data iPhone sebelum berpindah tangan atau dijual sangatlah penting, untuk mengamankan informasi pribadi dan meminimalisir penyalahgunaan data "

KENDARI, TELISIK.ID - Menghapus data iPhone sebelum berpindah tangan atau dijual sangatlah penting, untuk mengamankan informasi pribadi dan meminimalisir penyalahgunaan data kita oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Melansir Cnnindonesia.com, Telisikers bisa menghapus data iPhone sebelum dijual. Setidaknya ada beberapa tahap yang harus dilakukan.

Terlebih dulu Anda bisa melakukan transfer data ke perangkat baru, sebelum menghapus semua data-data dalam iPhone.

Cara transfer data ini bisa melalui fitur yang disediakan iPhone, Mulai Cepat (Quick Start) di iPhone dengan iOS 11, atau versi terbaru.

Fitur Mulai Cepat hanya bisa digunakan jika smartphone lama dan baru masih sesama iPhone. Cukup melakukan scan otomatis dari bluetooth untuk proses pemindaian.

Jika smartphone terbaru Anda adalah Android, transfer data dari iPhone hanya bisa dilakukan secara manual.

Baca Juga: HP Gaming Cuma Rp 4 Jutaan, 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix GT 20 Pro

Berikut beberapa tahapan cara mengosongkan dan menghapus semua data iPhone sebelum dijual atau berpindah tangan seperti dilansir dari Sindonews.com.

1. Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Safari atau browser: Buka Pengaturan kemudian buka Safari lalu pilih Hapus Riwayat dan Data Situs Web.

Aplikasi lain: Buka Pengaturan, kemudian pilih Umum, buka penyimpanan iPhone. Pilih aplikasi, lalu pilih hapus app (untuk menghapus aplikasi dan data).

2. Menghapus File Besar dan Media

Foto dan video: Hapus foto dan video yang tidak penting dari aplikasi foto. Anda juga bisa menggunakan aplikasi File untuk menghapus file-file besar.

3. Menghapus Riwayat Pesan dan Percakapan

iMessage dan SMS: Buka aplikasi Pesan, geser percakapan ke kiri dan pilih Hapus. WhatsApp dan aplikasi pesan lainnya: Buka aplikasi dan hapus percakapan atau pesan.

4. Mengatur Ulang Pengaturan

Pengaturan jaringan: Buka Pengaturan kemudian pilih Umum, lalu Transfer atau Reset iPhone, setelah itu Reset, terakhir Reset Pengaturan Jaringan. Ini akan menghapus kata sandi Wi-Fi, pengaturan seluler, dan pengaturan VPN.

Baca Juga: HP Gaming Cuma Rp 4 Jutaan, 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix GT 20 Pro

Semua pengaturan: Buka Pengaturan, pilih Umum kemudian pilih Transfer atau Reset iPhone, pilih menu Reset, kemudian Telisikers pilih Reset Semua Pengaturan. Ini akan mengembalikan semua pengaturan ke default pabrik, namun tidak akan menghapus data.

5. Menghapus Semua Konten dan Pengaturan (Factory Reset)

Cadangkan data: Sebelum menghapus semua konten, pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting ke iCloud atau komputer.

Reset: Buka menu Pengaturan kemudian pilih Umum lalu pilih Transfer atau Reset iPhone, pilih Reset kemudian Hapus Konten & Pengaturan. Ini akan menghapus semua data dan pengaturan di iPhone Anda.

Factory reset adalah langkah terakhir dan tidak dapat dikembalikan. Pastikan Anda benar-benar yakin ingin menghapus semua data di iPhone, sebelum melakukannya. Jika Anda lupa kata sandi iPhone, maka Anda tidak dapat melakukan factory reset. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga