Cara Praktis Kirim Video dan Foto WhatsApp Dalam Jumlah Banyak untuk Pengguna Android hingga iPhone

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 12 Juni 2024
0 dilihat
Cara Praktis Kirim Video dan Foto WhatsApp Dalam Jumlah Banyak untuk Pengguna Android hingga iPhone
Tak perlu khawatir jika ingin mengirim file foto dan video dalam jumlah banyak melalui WhatsApp. Foto: Repro Istockphoto

" Mengirim banyak foto satu per satu di WhatsApp bisa memakan waktu lama. Namun, pengguna kini bisa mengirim foto dan video sekaligus langsung di aplikasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengirim banyak foto satu per satu di WhatsApp bisa memakan waktu lama. Namun, pengguna kini bisa mengirim foto dan video sekaligus menggunakan trik ini langsung di aplikasi.

Pengguna Android dan iPhone dapat mengikuti langkah-langkah sederhana untuk mengirimkan banyak media dengan cepat dan efisien.

Untuk mengirim banyak foto sekaligus di aplikasi WhatsApp pada perangkat Android, buka obrolan di aplikasi WhatsApp dan tekan ikon klip kertas di kotak teks di bagian bawah.

Di iPhone, pengguna bisa mengetuk tombol tambah (+) di sisi kiri kotak teks. Setelah itu, pilih Gallery di menu bagian bawah dan akses folder tempat penyimpanan foto yang diinginkan.

Tekan lama pada gambar, lalu ketuk gambar lainnya untuk memilih beberapa foto. Setelah selesai, tekan tanda centang hijau di bagian bawah tampilan.

Pengguna dapat mengedit atau menambahkan keterangan untuk setiap gambar dengan beralih di antara gambar-gambar tersebut menggunakan thumbnail pratinjau kecil di bagian bawah, lalu tekan tombol panah untuk mengirimkannya. Foto-foto tersebut akan muncul di percakapan WhatsApp.

Selain di aplikasi mobile, pengguna WhatsApp desktop juga dapat mengirim banyak foto sekaligus. Caranya, buka percakapan dan klik ikon klip kertas di sisi kiri kotak teks, lalu pilih opsi Photos & Videos.

Baca Juga: Cara Mudah Kosongkan dan Hapus Data iPhone Sebelum Dijual

Buka folder di PC yang menyimpan gambar yang diinginkan, klik gambar pertama, lalu tekan Ctrl + klik untuk memilih gambar lainnya. Setelah itu, tekan Open. Pengguna dapat mengedit gambar jika dibutuhkan, lalu tekan tombol Send. Gambar-gambar tersebut akan muncul di percakapan.

Untuk pengguna iPhone, mereka bahkan tidak perlu membuka WhatsApp untuk membagikan gambar. Pengguna dapat mengirim banyak foto di WhatsApp langsung dari aplikasi Photos atau aplikasi galeri lainnya. Langkah-langkahnya, buka aplikasi Photos di iPhone dan temukan gambar yang ingin dibagikan di WhatsApp.

Tekan Select di bagian atas, ketuk gambar yang ingin dikirim, lalu tekan ikon Share di pojok kiri bawah. Jika sering menggunakan WhatsApp, pengguna akan melihat beberapa obrolan WhatsApp yang disarankan untuk dibagikan.

Jika tidak melihatnya, ketuk ikon WhatsApp di bawahnya. Pilih orang atau grup dalam daftar, lalu tekan Next dan klik ikon Send.

Melansir situs resmi WhatsApp, pengguna juga dapat mengirim media, kontak, atau lokasi dengan mudah. Untuk mengirim foto, video, dokumen, stiker, atau kontak, buka chat individual atau grup dan klik add. Lalu, pilih:

- Foto & video untuk memilih foto atau video dari komputer. Pengguna dapat mengirim hingga 100 foto atau video sekaligus dan menambahkan keterangan di setiap foto atau video.

- Kamera untuk mengambil foto dengan kamera komputer.

- Dokumen untuk memilih dokumen dari komputer. Pengguna dapat menyeret dan meletakkan dokumen langsung di bidang teks. Ukuran dokumen maksimum yang diizinkan adalah 2 GB.

- Kontak untuk mengirim informasi kontak yang disimpan dalam buku alamat di telepon melalui WhatsApp. Pilih kontak yang ingin dilampirkan dan klik send untuk mengirim.

Baca Juga: HP Gaming Cuma Rp 4 Jutaan, 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix GT 20 Pro

Untuk menyesuaikan kualitas foto yang dilampirkan, klik hd media > Kualitas standar atau Kualitas HD > Selesai sebelum mengklik send. Pengguna juga dapat membagikan tautan dengan menyalin dan menempelkan tautan di chat.

Bagi pengguna dengan koneksi internet yang lebih cepat, batas ukuran video default adalah 100MB dan resolusi 720p, sedangkan untuk koneksi internet yang lebih lambat, batas ukuran video default adalah 64MB dan resolusi 480p. Durasi maksimum video untuk Status adalah 30 detik. Untuk dokumen, ukuran file maksimum yang diizinkan adalah 2 GB.

Untuk mengirim pesan suara, buka chat individual atau grup, klik microphone, lalu mulai bicara ke mikrofon komputer. Setelah selesai, klik send untuk mengirim pesan suara. Saat merekam pesan suara, pengguna dapat mengklik pause untuk menghentikan sementara rekaman dan microphone untuk melanjutkan.

Jika ingin membatalkan dan menghapus rekaman, klik delete status update. Dengan langkah-langkah ini, mengirim banyak foto dan video di WhatsApp menjadi lebih mudah dan cepat. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga