Cara Simpan Kentang Agar Tahan Lama

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Cara Simpan Kentang Agar Tahan Lama
Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang cukup populer dan sering diolah menjadi berbagai jenis makanan. Foto: Repro Agronomiunhas.blogspot.com

" Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika ingin menyimpan kentang dengan tepat, agar tahan lama dan kandungan nutrisinya tidak berubah "

KENDARI, TELISIK.ID - Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang cukup populer dan sering diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari lauk dalam salad kentang, camilan seperti french fries, ataupun sebagai menu utama layaknya gnocchi.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika ingin menyimpan kentang dengan tepat. Berikut tips simpan kentang agar tahan lama, dikutip dari Kompas.com dan Sayurbox.com:

1. Periksa kualitas kentang

Cara menyimpan kentang pertama adalah periksa semua kentang untuk titik-titik lunak, kecambah, jamur, dan kerusakan hama. Hanya kentang yang sempurna yang cocok untuk penyimpanan jangka panjang.

2. Simpan dalam tempat yang memiliki ventilasi yang baik

Baca Juga: Tips Simpan Cabai Lebih Awet dan Tak Mudah Busuk

Tempatkan kentang dalam kotak kardus, kantong kertas atau keranjang untuk memastikan ventilasi yang baik. Kantong plastik tidak memungkinkan kentang untuk bernafas dan akan memperpendek umur simpannya, jadi keluarkan dari kantung plastik jika kamu membawanya pulang.

3. Suhu

Selain cahaya, suhu adalah satu faktor penting dalam penyimpanan kentang. Jamey Higham, Presiden Komisi Kentang Idaho, menyampaikan bahwa lebih baik menyimpan umbi ini pada suhu 7-10 derajat celsius.

Pasalnya, jika disimpan dalam suhu yang lebih dingin, di bawah 5 derajat celsius, zat tepung (pati) yang ada di dalamnya akan berubah menjadi gula dan mempengaruhi rasa dan masakan.

4. Simpan di suhu sejuk

Cara menyimpan kentang yang benar adalah di tempat yang sejuk, lembab, dan gelap. Jika kamu memiliki ruang bawah tanah tanpa pemanas, itu adalah tempat yang sempurna untuk kentang suhu 6-10 derajat Celcius adalah suhu yang pas saat menyimpan kentang.

Baca Juga: 5 Tips Simpan Pisang Agar Tak Cepat Busuk

Menyimpan kentang dalam kondisi ini dapat membantu menunda pembentukan kecambah pada kulit, salah satu tanda awal pembusukan. Menyimpan pada suhu tersebut adalah cara yang bagus untuk memperpanjang umur simpan dan mempertahankan kandungan vitamin C dalam kentang.

5. Periksa kentang secara teratur

Periksa kentang yang kamu simpan secara teratur dan singkirkan yang lunak, layu, atau tumbuh kecambah agar tidak menyebabkan lebih banyak kentang yang rusak. Sekalipun kentang kamu telah bertunas, kentang tersebut tetap aman dikonsumsi selama kentang keras saat disentuh dan tidak layu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga