Cara Tanam Sayur Asparagus di Pekarangan Rumah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 24 September 2023
0 dilihat
Cara Tanam Sayur Asparagus di Pekarangan Rumah
Asparagus malerupakan salah satu jenis sayuran yang kaya nutrisi dan rasanya enak. Kandungan nutrisi tersebut membuat asparagus mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Foto: Kosmo.com

" Asparagus marupakan salah satu jenis sayuran yang kaya nutrisi dan rasanya enak. Kandungan nutrisi tersebut membuat asparagus mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Asparagus marupakan salah satu jenis sayuran yang kaya nutrisi dan rasanya enak. Kandungan nutrisi tersebut membuat asparagus mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, asparagus juga menjadi salah satu sayuran yang mudah ditanam di rumah. Anda bisa memanfaatkan sisa lahan di rumah untuk menanam sayuran ini.

Berikut cara tanam say asparagus di pekarangan rumah dikutip dari Kompas.com dan gdm.id:

1. Siapkan lahan

Lahan pekarangan rumah yang akan ditanami asparagus perlu disiapkan terlebih dahulu. Lahan dibersihkan dari gulma maupun kotoran lain yang ada di lahan tersebut. Lalu, gemburkan tanah dan berikan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos. Berikutnya, buat bedengan dan diamkan selama beberapa hari.

Baca Juga: Tips Diet ala Taylor Swift, Nomor Tiga Unik

2. Kondisi iklim

Penanaman asparagus harus disesuaikan dengan iklim yang disukai. Berikut ini adalah panduan kondisi iklim yang sesuai untuk asparagus:

Suhu: suhu yang sesuai untuk asparagaus adalah antara 10-13 derajat celcius.

Lokasi budidaya: Anda disarankan untuk menamam asparagus di daerah pegunungan tropis atau daerah dataran tinggi.

Ketinggian tempat: Asparagus baik dibudidayakan di derah dengan ketinggia 200-1900 mdpl.

Curah hujan: curah hujan yang baik untuk tanaman asparagus adalah antara 2000-7000 mm/tahun.

3. Jenis tanah

Beberapa jenis tanah yang cocok untuk asparags di antaranya:

- Tanah pedsolik merah-kuning cocok untuk tanaman asparagus jika memiliki curah hujan antara 2500-3.500 mm/tahun tanpa bulan kering. Itu artinya, pastikan daerah Anda memiliki curah hujan yang cukup.

- Tanah latosol adalah tanah dengan kandungan bahan organik cukup tinggi, yaitu antara 3-10 % pada lapisan atas. Tanah latoso berwarna merah kecoklatan hingga coklat kekuningan.

- Tanah andosol adalah jenis tanah yang memiliki unsur hara cukup tinggi. Tekstur tanah ini adalah berpasir, remah dan gembur.

Curah hujan yang sesuai adalah antara 2500-7000 mm, dengan jumlah bulan kering dibawah 2 bulan. Sedangkan pH yang sesuai untuk asparagus di tanah ini adalah antara 5,0-7,0.

4. Persiapan media pembibitan

Setelah mengetahui jenis tanah yang sesuai untuk asparagus, maka selanjutnya Anda bisa memulai persiapan tanah untuk tanaman asparagus.

5. Proses penanaman

Cara menanam asparagus diawali dengan membuat lubang tanam berjarak 40 sampai 50 cm. Kemudian, tanam bibit pada lubang tanam tersebut dan tutup dengan tanah. Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Pada saat itu, cuaca tidak terlalu terik sehingga tanaman yang baru ditanam tidak layu.

Baca Juga: Hindari Warna Cat Ini di Rumah Jika Tak Ingin Banyak Nyamuk

6. Pengendalian hama dan penyakit

Kegiatan ini perlu dilakukan sebelum terjadi serangan dengan rutin membersihkan lingkungan sekitar tanaman asparagus.

Sementara itu, apabila hama dan penyakit sudah terlanjur menyerang, Anda bisa mengaplikasikan pestisida organik.

7. Pemanenan

Tanaman asparagus bisa dipanen setelah berumur 8 sampai 10 bulan setelah ditanam. Ciri asparagus sudah siap dipanen yaitu adanya tunas yang muncul di atas permukaan dengan kondisi pucuk masih kuncup. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga