Cara Ubah Lokasi HP Android Tanpa Ribet

Merdiyanto , telisik indonesia
Jumat, 23 Agustus 2024
0 dilihat
Cara Ubah Lokasi HP Android Tanpa Ribet
Di era digital ini mengubah lokasi HP android sangat mudah. Foto: Kolase Harakatana.com

" Bagi Anda yang ingin menjaga privasi atau hanya penasaran dengan cara kerjanya, mengubah lokasi HP Android bukanlah hal yang mustahil "

KENDARI, TELISIK.ID - Di era digital yang serba cepat, pengaturan lokasi di ponsel sering kali menjadi faktor penting untuk berbagai aplikasi, mulai dari navigasi sampai layanan berbasis lokasi lainnya.

Bagi Telisikers yang ingin menjaga privasi atau hanya penasaran dengan cara kerjanya, mengubah lokasi HP Android bukanlah hal yang mustahil.

Namun, harus diingat bahwa memalsukan atau mengubah lokasi bisa melanggar beberapa ketentuan layanan aplikasi atau platform tertentu.

Dilansir dari Liputan6.com, beberapa alasan kenapa seseorang ingin memalsukan lokasi ponselnya, antara lain:

- Meningkatkan privasi: Menghindari pelacakan lokasi oleh pihak ketiga.

- Mengakses konten yang dibatasi wilayah: Menonton film atau acara TV yang hanya tersedia di negara tertentu.

- Menguji aplikasi berbasis lokasi: Mengetahui bagaimana aplikasi bekerja di lokasi yang berbeda.

Cara mengubah lokasi di HP Android dengan VPN

Ada dua cara untuk mengubah lokasi antara lain dengan mengubah pengaturan lokasi perangkat dan mengubah alamat IP Anda melalui jaringan privat virtual (VPN).

Berikut cara selengkapnya mengubah lokasi di perangkat Android, dikutip dari laman Forbes.

Baca Juga: Cara Cepat Membuat Gold Notes Instagram yang Viral

Cara Ganti Lokasi HP Android dengan VPN

Mengubah lokasi di HP Android kini semakin mudah berkat VPN. VPN bekerja dengan cara menyembunyikan alamat IP asli Anda dan mengalihkan koneksi internet melalui server di negara atau wilayah yang Anda tentukan.

Dengan begitu, perangkat Anda akan terlihat seolah-olah sedang terhubung dari lokasi tersebut.

1. Pilih Layanan VPN

Saat memilih VPN, pertimbangkan beberapa faktor penting seperti kecepatan koneksi, tingkat keamanan, kemudahan penggunaan, dan jumlah server yang tersedia. Beberapa pilihan VPN populer yang bisa Anda pertimbangkan adalah NordVPN, ProtonVPN, TunnelBear, dan CyberGhost.

2. Unduh dan Install Aplikasi VPN

Setelah Anda memutuskan untuk menggunakan VPN tertentu, buka Google Play Store. Cari aplikasi VPN tersebut dan unduh. Setelah proses pengunduhan selesai, install aplikasi di perangkat Android Anda.

3. Hubungkan ke VPN

Buka aplikasi VPN yang telah Anda install. Ikuti petunjuk pendaftaran akun dan pilih paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah proses pendaftaran selesai, masuk ke akun VPN Anda.

4. Pilih Lokasi Server

Buka aplikasi VPN. Pilih server yang tersedia di berbagai negara. Lalu pilih server di lokasi yang ingin Anda gunakan, kemudian tekan tombol 'Sambungkan' atau 'Connect'."

5. Verifikasi Alamat IP Baru Anda

Setelah terhubung, cek lokasi Anda di situs seperti 'What Is My IP Address' atau 'IP Location' untuk memastikan perubahannya.

Ubah Lokasi HP dengan GPS Palsu

1. Aktifkan Opsi Pengembang

Untuk mengaktifkan opsi pengembang, buka menu Setelan di ponsel Anda. Cari dan pilih opsi 'Tentang ponsel', kemudian ketuk 'Informasi perangkat lunak'. Di sini, Anda akan menemukan 'Nomor pembuatan'. Ketuk nomor tersebut sebanyak tujuh kali secara berurutan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda sekarang adalah seorang pengembang

2. Unduh Aplikasi Lokasi Tiruan

Pilih dan install aplikasi lokasi palsu yang memiliki peringkat tinggi di Google Play Store.

Baca Juga: Banyak Andalkan Fitur AI, Begini Spesifikasi Google Pixel 9 dan Harganya

3. Aktifkan Lokasi Tiruan

Kemudian, kembali ke menu Setelan utama perangkatmu. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi 'Opsi Pengembang'. Ketuk opsi tersebut, lalu cari dan pilih 'Pilih aplikasi lokasi tiruan'. Di sini, kamu akan melihat daftar aplikasi. Pilih aplikasi lokasi palsu yang ingin kamu gunakan."

4. Pilih Aplikasi Lokasi Tiruan

Setelah aplikasi lokasi palsu terpasang, buka kembali menu 'Opsi Pengembang'. Cari opsi 'Pilih aplikasi lokasi tiruan' dan pilih aplikasi yang baru saja kamu unduh dari daftar yang tersedia.

5. Tetapkan Lokasi yang Diinginkan

Setelah memilih aplikasi lokasi palsu, bukalah aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi, Anda bisa mencari lokasi yang ingin Anda gunakan dengan cara menandai langsung di peta atau memasukkan koordinat GPS secara manual. Setelah menemukan lokasi yang tepat, tekan tombol 'Mulai' untuk mengaktifkan lokasi palsu.

Perlu diingat, penggunaan lokasi tiruan bisa menyebabkan masalah pada beberapa aplikasi atau layanan. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga