Cara Unik dan Bermakna Mahasiswa KKN IAIN Kendari Rayakan Kemerdekaan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 17 Agustus 2023
0 dilihat
Cara Unik dan Bermakna Mahasiswa KKN IAIN Kendari Rayakan Kemerdekaan
Mahasiswa KKN IAIN Kendari sambut kemerdekaan dengan menggelar doa bersama. Foto: Ist.

" Mengenang jasa para pahlawan di hari kemerdekaan tak hanya dilakukan dengan semangat nasionalis, tapi juga melalui aspek kerohanian dengan mendoakan mereka yang telah gugur memperjuangkan bangsa ini "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Mengenang jasa para pahlawan di hari kemerdekaan tak hanya dilakukan dengan semangat nasionalis, tapi juga melalui aspek kerohanian dengan mendoakan mereka yang telah gugur memperjuangkan bangsa ini.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari di Kecamatan Moramo, menggelar kegiatan zikir akbar dan doa bersama untuk memperingati HUT ke-78 RI, Rabu (16/8/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung di masjid Al-Iklas, bersama 120 mahasiswa dari 20 posko, juga pemerintah kecamatan, pemerintah desa, majelis taklim, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Moramo.

Baca Juga: Kantor PT GKP di Kota Kendari Digeruduk, Perusahaan Klaim Tak Serobot Lahan

Zikir akbar dan doa bersama tersebut dihadiri langsung oleh Habib Fahri Bin Abdulrahman Al-Habsy sebagai yang memimpin zikir dan doa untuk negeri dengan tema refleksi nilai-nilai kemerdekaan dalam nuansa ukhuwah watoniah, ukhuwah islamiah dan ukhuwah insaniah.

Koordinator KKN IAIN Kendari Kecamatan Moramo, Laode Muhammad Nur Sunandar menuturkan, kegiatan itu diselenggarakan berdasarkan hasil rapat penyelarasan program kerja koordinator desa se-Kecamatan Moramo dengan tujuan mengenang serta mendoakan para pejuang terdahulu yang gugur dalam memerdekakan negara ini.

Menurutnya sebagai mahasiswa dan pemuda, ia berharap kegiatan itu bisa menjadikan masyarakat yang terlibat sebagai pribadi yang tidak lupa dengan sejarah negara, serta ajang silaturahmi bagi masyarakat Kecamatan Moramo dan memperkuat tali persaudaraan antar masyarakat majemuk.

Baca Juga: Lantai 2 Bengkel Motor di Kendari Terbakar, Diduga Anak Pemilik Ruko Bakar Kardus

Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Habib Fahri Bin Abdulrahman Al-habsy dalam tausiahnya menyatakan, rasa persaudaraan antar sesama agama, sesama bangsa dan sesama insan yang beriman menjadi landasan fundamental dalam menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa sebagaimana kedamaian yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kordinator perwakilan mahasiswa KKN IAIN Kendari se-Kecamatan Moramo, Nandar manyampaikan, rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu baik secara moril maupun materil sehingga kegiatan tersebut dapat terselenggara sebagaimana yang diharapkan, juga kepada masyarakat sekecamatan Moramo yang telah menerima dengan baik mahasiswa KKN IAIN Kendari selama kurang lebih 45 hari. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga