Cari Format Pilkada Aman, Forpimda Jatim Gelar Pertemuan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 31 Agustus 2020
0 dilihat
Cari Format Pilkada Aman, Forpimda Jatim Gelar Pertemuan
Forpimda Jatim saat gelar pertemuan. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Untuk Pilkada kali ini dilaksanakan di pandemi COVID-19, bagaimana partisipasinya tinggi namun protokol kesehatan bisa diterapkan secara maksimal. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Agar Pilkada 9 Desember 2020 mendatang berjalan lancar dan kondusif, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Jatim menggelar Rakor Operasi Mantap Praja Semeru 2020 di Surabaya, Senin (31/8/2020).

Dikatakan oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Fadil Imran, pihaknya berharap agar dalam Pilkada nantinya di 19 daerah di Jatim bisa berjalan aman, damai dan sejuk.

"Untuk Pilkada kali ini dilaksanakan di pandemi COVID-19, bagaimana partisipasinya tinggi namun protokol kesehatan bisa diterapkan secara maksimal," ujarnya.

Katanya, pihaknya siap mengamankan Pilkada di Jatim. Dalam pelaksanaannya, Kapolres melaksanakan koordinasi bersama dengan TNI.

“Junjung tinggi netralitas karena netralitas TNI/Polri menjadi harga mati,” jelasnya.

Fadil Imran juga mengaku, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh jajarannya agar dalam pelaksanaan Pilkada untuk melakukan pengamanan. Hal itu agar memahami cara-cara menangani COVID-19 di masing-masing daerah yang menggelar Pilkada.

Baca juga: Refleksi Sewindu UU Keistimewaan di Yogyakarta

“Sinergitas TNI/Polri, pemerintah, pengawas penyelenggara Pemilu nantinya bisa mewujudkan Pilkada damai dan Jawa Timur semakin sejahtera,” jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta jajarannya  untuk mempelajari indeks kerawanan dinamika melaksanakan antisipasi kerawanan bersama.

”Terapkan Pilkada serentak dengan Physical Distancing, maksimalkan kampung tangguh semeru,” jelasnya.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI TNI Widodo Iryansyah mengatakan, seluruh jajaran mulai dari Kodim dan Koramil, jika ada perbantuan harus mengetahui peta kerawanan di Pilkada serentak di Jatim.

"Saya minta kepada seluruh Dandim dan Danramil untuk selalu melakukan koordinasi dengan Kapolres saat Pilkada serentak di Jatim,” tegasnya.

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga