Cari Pemimpin Layak Dipilih di Pemilu 2024, NU Jatim Gelar Forum Musyawarah Alim Ulama

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 29 Maret 2022
0 dilihat
Cari Pemimpin Layak Dipilih di Pemilu 2024, NU Jatim Gelar Forum Musyawarah Alim Ulama
Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim, KH. Abdul Matin Jawahir. Foto: Ist.

" Agar warga Nadliyin di Jatim tak salah memilih calon pemimpin dalam pemilu 2024 mendatang, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jatim menggelar Forum Musyawarah Alim Ulama yang akan digelar di Tuban "

SURABAYA, TELISIK.ID - Agar warga Nadliyin di Jatim  tak salah memilih calon pemimpin dalam pemilu 2024 mendatang, baik untuk Pilpres, Pileg maupun Pilkada serentak, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim akan menggelar Forum Musyawarah Alim Ulama yang digelar di Tuban.

Rencananya  kegiatan tersebut akan digelar besok, Rabu (30/3/2022). Forum tersebut akan dihadiri sejumlah ulama NU di Jatim di antaranya para ulama dan kiai pesantren, juga para tokoh Forkopimda, seperti Gubernur Jawa Timur, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya.

Rais Syuriah PWNU Jatim KH M Anwar Manshur dan Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar, tentu saja hadir bersama jajaran pengurus diikuti utusan badan otonom (Banom), seperti Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU), Sarbumusi, Pagar Nusa, dan lembaga-lembaga di lingkungan PWNU Jawa Timur.

“Para kiai NU ingin memberikan bimbingan untuk warga Nahdliyin agar tak salah memilih di Pemilu 2024 mendatang,” jelas Wakil Rais Syuriah PW NU Jatim KH. Abdul Matin Jawahir, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: NU Jatim Tolak Penundaan Pemilu 2024

Diungkapkan pengasuh Ponpes Sunan Bejagung Semanding Tuban ini, forum musyawarah alim ulama tersebut membuktikan para kiai dan kalangan pesantren di Jatim memiliki komitmen terhadap persoalan bangsa dan negara dalam koridor politik kebangsaan.

Baca Juga: Fraksi PKB dan Demokrat Sampaikan 3 Poin di Paripurna LKPJ Bupati Kolut Tahun 2021

“Nah, meski hajatan demokrasi baru dimulai 2024 mendatang, namun PWNU Jatim merasa sangat perlu memberikan panduan untuk warga Nahdliyin dalam menghadapi Pemilu mendatang,” jelasnya.

Ditegaskan Kiai Matin, dengan adanya forum musyawarah alim ulama tersebut membuktikan bahwa NU selalu hadir dalam setiap menghadapi permasalahan bangsa.

Menurutnya, selain dakwah dan pengabdian di tengah masyarakat, NU mempunyai kriteria tersendiri untuk calon pemimpin yang layak dipilih dengan landasan berpijak pada Al-Qur’an, Sunnah Nabi, kesepakatan pendapat ulama (Ijma' dan Qiyas). (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga