Catat, 10 Pilihan Buah Ini Bisa Redakan Panas Dalam

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 19 Maret 2024
0 dilihat
Catat, 10 Pilihan Buah Ini Bisa Redakan Panas Dalam
Mengonsumsi buah-buahan tertentu menjadi salah satu cara untuk meredakan panas dalam. Foto: Repro hellosehat.com

" Untuk meredakan penyakit panas dalam, banyak cara bisa dilakukan, di antaranya dengan mengonsumsi buah-buahan pilihan "

KENDARI, TELISIK.ID - Panas dalam menjadi salah satu penyakit yang seringkali dialami masyarakat. Untuk meredakan penyakit ini banyak cara bisa dilakukan, di antaranya dengan mengonsumsi buah-buahan pilihan.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, panas dalam merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan (faring) yang biasa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Di Indonesia, radang tenggorokan sering kali disebut juga dengan istilah radang tenggorokan atau faringitis.

Sebelum mengatasi panas dalam, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa panas dalam sendiri bukanlah suatu penyakit, melainkan kumpulan gejala dari kondisi tertentu yang memengaruhi tenggorokan.

Gejala tersebut dapat meliputi sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan, dan badan terasa seperti mengeluarkan hawa panas.

Untuk meredakan penyakit ini banyak cara bisa dilakukan, di antaranya dengan mengonsumsi buah-buahan pilihan.

Baca Juga: Ini 4 Tips Berpuasa Bagi Penyandang Diabetes

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan gejala-gejala panas dalam:

1. Kiwi

Buah kiwi termasuk jenis buah dengan kadar vitamin C yang tinggi. Mengonsumsi buah kiwi secara rutin membantu Anda memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Kiwi juga mengandung serotonin yang bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. Istirahat yang cukup bisa membantu Anda mengobati sakit tenggorokan, seperti panas dalam, dengan lebih cepat.

2. Pisang

Buah pisang memiliki tekstur yang lembut dan mudah ditelan. Buah pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan kadar kalium yang tinggi sehingga bisa membantu untuk meredakan gejala sakit tenggorokan, seperti panas dalam.

3. Belimbing

Belimbing diketahui bisa membantu meredakan infeksi di tenggorokan dan sensasi panas yang mungkin timbul saat sakit tenggorokan.

Untuk mengonsumsi belimbing, Anda bisa langsung memakannya atau membuatnya menjadi jus buah belimbing.

4. Nanas

Nanas termasuk jenis buah yang memiliki kadar vitamin C tinggi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Ini bisa membantu mempercepat pengobatan radang tenggorokan saat panas dalam.

Anda bisa minum 1 gelas jus nanas sebelum beristirahat selama 1-2 jam. Dengan begitu, manfaat jus nanas bisa bekerja dengan lebih baik lagi di dalam tubuh.

5. Jeruk nipis

Jeruk nipis terkenal mengandung kadar vitamin C yang juga tinggi. Maka dari itu, minum sari jeruk nipis bisa membantu mempercepat proses penyembuhan di dalam tubuh, meredakan pembengkakan, dan melegakan tenggorokan.

Untuk meredakan gejala di tenggorokan, Anda bisa minum campuran sari jeruk nipis dan 1 sendok makan madu murni.

6. Lemon

Seperti jeruk nipis, dilansir dari Penn Medicine, lemon juga diketahui kaya akan vitamin C yang bisa membantu meredakan sensasi panas di tubuh.

Saat diminum, lemon juga bisa melembapkan tubuh serta meningkatkan oksigen dan elektrolit di dalam tubuh.

Anda bisa membuat jus lemon dengan memeras setengah buah lemon untuk mendapat sarinya, lalu tambahkan sedikit garam dan setengah sendok teh gula.

Campurkan semuanya dengan air dingin untuk kemudian diminum. Anda juga bisa mencampurkan satu sendok teh sari lemon dengan air putih hangat.

7. Timun

Sama seperti semangka, timun termasuk jenis buah yang bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena memiliki kadar air yang banyak, yaitu sekitar 95 persen.

Namun bukan hanya itu, timun juga mengandung serat yang tinggi. Oleh karena itu, buah timun juga bisa digunakan untuk mencegah sembelit yang mungkin timbul akibat panas dalam.

8. Delima

Buah delima mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut diketahui bisa membantu meredakan sakit tenggorokan yang merupakan salah satu gejala panas dalam.

Baca Juga: Catat, 7 Minuman Rendah Kalori Ini Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Buah ini juga bisa mengurangi peradangan dan melawan penyebab infeksi di dalam tubuh. Anda bisa langsung memakan buah ini atau membuatnya menjadi jus.

9. Air kelapa

Secara alami, air dari buah kelapa memiliki fungsi mendinginkan sehingga bisa bekerja sebagai pereda sensasi panas di dalam tubuh. Air kelapa bisa mengembalikan cairan tubuh dan menjaga kadar normal elektrolit yang mengatur suhu tubuh.

10. Semangka

Umumnya, semangka mengandung sekitar 92 persen air di dalamnya. Oleh karena itu, mengonsumsi semangka bisa membantu meredakan dehidrasi dan mendinginkan suhu tubuh.

Jika dikonsumsi secara rutin, buah semangka juga bisa mengendalikan suhu panas di dalam tubuh sehingga bermanfaat untuk mencegah panas dalam.

Nah, itulah beberapa buah-buahan pilihan yang dapat membantu meredakan panas dalam. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga