Catat, 5 Jenis Obat Ini Bisa Atasi Hidung Tersumbat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 14 Oktober 2022
0 dilihat
Catat, 5 Jenis Obat Ini Bisa Atasi Hidung Tersumbat
Hidung tersumbat dapat diatasi dengan banyak cara, salah satunya dengan mengkonsumsi obat medis. Foto: Repro hellodoktor.com

" Hidung tersumbat menjadi kondisi kesehatan yang seringkali dialami seseorang. Berbagai cara pun bisa dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengkonsumsi obat medis "

KENDARI, TELISIK.ID - Hidung tersumbat menjadi kondisi kesehatan yang seringkali dialami seseorang. Berbagai cara pun bisa dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengkonsumsi obat medis.

Umumnya, dikutip dari hellosehat.com, banyak orang mengira bahwa hidung tersumbat disebabkan oleh penggumpalan lendir di saluran hidung.

Kenyataannya, hidung mampet tidak selalu terjadi karena penumpukkan lendir.

Pada dasarnya, hidung tersumbat disebabkan oleh apa pun yang menyebabkan terjadinya iritasi atau peradangan pada jaringan hidung. Hidung memiliki jaringan pembuluh darah berkatup yang luas dan bisa membuka-menutup.

Baca Juga: 7 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Sakit Gigi Berlubang

Ketika hidung mengalami iritasi, sistem saraf akan terangsang, sehingga katup pembuluh darah terbuka. Akibatnya, darah yang mengalir ke dalam hidung pun lebih banyak. Kondisi inilah yang menyebabkan pembengkakan di saluran hidung dan membuat Anda sulit untuk bernapas.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat ini, diantaranya adalah dengan mengkonsumsi obat medis.

Melansir alodokter.com, berikut ini adalah berbagai pilihan obat hidung tersumbat:

1. Dekongestan

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi penyumbatan di hidung akibat pembengkakan dan memudahkan lendir untuk keluar. Beberapa contoh obat golongan dekongestan adalah pseudoephedrine, phenylephrine, dan oxymetazoline.

Dekongestan umumnya dijual bebas dan tersedia dalam bentuk obat minum atau obat semprot hidung. Namun, jangan gunakan dekongestan lebih dari 3 hari tanpa saran dokter, karena bisa memperburuk kondisi hidung tersumbat dan meningkatkan tekanan darah.

2. Antihistamin

Apabila hidung tersumbat disebabkan oleh alergi, pilihan obat hidung tersumbat yang sebaiknya Anda pilih adalah antihistamin. Obat ini dapat menghentikan zat histamin yang diproduksi dalam tubuh saat alergi muncul.

Beberapa contoh obat antihistamin meliputi cetirizine, loratadine, chlorpheniramine, atau diphenhydramine. Namun, obat ini umumnya menimbulkan kantuk sehingga pastikan Anda tidak melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan atau fokus penuh setelah mengonsumsinya.

3. Obat pereda nyeri

Meski tidak langsung menghilangkan hidung tersumbat, obat pereda nyeri bisa meredakan rasa sakit di area wajah saat hidung tersumbat. Pilihan obat yang termasuk dalam pereda nyeri adalah paracetamol dan ibuprofen.

4. Obat oles mentol

Obat oles yang mengandung mentol juga bisa menjadi pilihan obat hidung tersumbat. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit obat ini di area dada atau bawah lubang hidung, lalu hirup aroma mentolnya.

Baca Juga: Awas, 3 Penyebab Mata Minus Semakin Parah

Obat oles mentol akan menciptakan sensasi dingin dan melegakan hidung yang tersumbat, sehingga Anda pun bisa lebih mudah bernapas. Selain obat oles, mentol juga sering ditemukan dalam obat hirup khusus hidung tersumbat.

Nah, itulah sejumlah obat yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi hidup tersumbat. Namun beberapa obat di atas umumnya sudah tercampur dalam satu kemasan obat, misalnya perpaduan dekongestan dan antihistamin dapat ditemukan dalam obat-obatan flu.

Agar lebih aman, pastikan Anda mengecek kandungan obat hidung tersumbat yang akan dikonsumsi. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga