adplus-dvertising

Catat, 5 Makanan Ini Bisa Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 14 Agustus 2022
301 dilihat
Catat, 5 Makanan Ini Bisa Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Makan buah Apel salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Foto: Repro klikdokter.com

" Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang mesti dijaga. Sebab selain berdampak pada kesehatan, juga menganggu penampilan seseorang "

KENDARI, TELISIK.ID - Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang mesti dijaga. Sebab selain berdampak pada kesehatan, juga menganggu penampilan seseorang.

Dikutip dari alodokter.com, kesehatan gigi dan mulut memiliki dampak yang besar untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan gigi dan mulut dengan benar.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik dapat dilakukan dengan menggosok gigi dua kali sehari dan menjaga pola hidup sehat dari makanan maupun minuman yang Anda konsumsi.


Sebab selain dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi, kebiasaan yang baik ini juga dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

Melansir halodoc.com, salah satu cara yang bisa dilakukan menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah mengonsumsi makanan sehat, berikut diantaranya:

1. Apel

Kamu bisa terhindar dari sariawan, gusi berdarah hingga infeksi gusi (periodontitis) berkat kandungan vitamin C dalam buah apel. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen guna membentuk jaringan gusi yang kuat.

Tak sampai di situ saja, mengonsumsi satu apel setiap hari dapat membantu membersihkan plak gigi. Apel meningkatkan produksi air liur yang bisa menetralkan asam dari sisa makanan penyebab gigi berlubang.

2. Jeruk

Jeruk kaya vitamin C dan serat yang dapat memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi. Ini dapat menurunkan risiko sariawan, gusi berdarah dan kerusakan jaringan lunak pada mulut.

Vitamin C merupakan antioksidan yang berperan dalam mengurangi peradangan dengan membunuh bakteri penyebabnya. Ini bisa mencegah bau mulut dan membuat napas jadi lebih segar.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menjaga Kulit agar Tampak Awet Muda

Tak hanya itu, vitamin C dalam jeruk dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan gusi akibat radikal bebas dari pemakaian tembakau. Ini bisa dilakukan oleh siapa saja, terutama jika kamu adalah perokok.

3. Seledri

Seledri adalah sayuran beraroma segar dengan rasa lembut dan sedikit pedas. Di dalamnya terkandung antioksidan alami berupa vitamin C dan E.

Seledri mentah bertekstur renyah. Mengunyah seledri mentah dapat merangsang kelenjar untuk memproduksi lebih banyak air liur. Ini berguna untuk menetralkan asam yang dihasilkan bakteri mulut.

Tekstur renyahnya juga dapat membantu menghilangkan plak dan sisa makanan di permukaan dan sela gigi. 

4. Wortel

Vitamin A dan antioksidan dalam wortel meningkatkan produksi air liur. Ini dapat menurunkan risiko gigi berlubang karena air liur membantu membilas asam yang menempel di gigi.

Baca Juga: 7 Dampak Negatif Menahan Kentut

Wortel juga mengandung vitamin C yang membantu menjaga kesehatan gusi. Kandungannya lebih banyak didapatkan jika kamu mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

5. Sayuran Hijau

Bayam, brokoli, dan pakcoy mengandung tinggi kalsium yang dapat membantu membentuk enamel gigi. Enamel adalah lapisan terluar gigi yang berguna untuk membantu memelihara kesehatan gigi.

Sayuran hijau juga mengandung tinggi asam folat dan vitamin B. Kandungan keduanya efektif dalam membantu mengatasi peradangan dan penyakit pada gusi seperti sariawan, radang gusi, dan abses gusi. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga