Catat, 5 Tips Sehat Main Instagram yang Wajib Kamu Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 09 Januari 2022
0 dilihat
Catat, 5 Tips Sehat Main Instagram yang Wajib Kamu Tahu
Ilustrasi menggunakan platform Instagram. Foto: nasabamedia.com

" Platform yang banyak digunakan adalah Facebook dan Instagram. Kedua platform ini banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk jualan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bermain media sosial kini menjadi aktivitas penting bagi sebagian orang, khususnya mereka yang menggunakan internet sebagai media kerjanya.

Biasanya platform yang banyak digunakan adalah Facebook dan Instagram. Kedua platform ini banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk jualan.

Selain Facebook, Instagram merupakan salah satu platform yang hari ini lagi naik daun. Hampir semua kalangan menggunakan sosial media ini bahkan hingga para selebriti dan public figur.

Mengutip wikipedia.org, Instagram yang disingkat IG atau Insta adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Karena ramainya beranda Instagram dengan gambar-gambar, terkadang muncul rasa jenuh bagi pengguna. Olehnya itu, pengguna Instagram mesti melakukan cara-cara agar tetap aman selama ber-Instagram.

Dilansir dari Huffington Post, berikut tips sehat menggunakan Instagram:

1. Tanyakan diri Anda tentang alasan Anda gunakan Instagram

Menurut Oscar Ybarra, profesor psikologi di University of Michigan mengatakan, akan sangat membantu untuk menganalisis dengan tepat mengapa kamu melihat Instagram.

2. Unfollow akun yang tidak membuat kamu bahagia

Penting untuk mengevaluasi diri, akun mana yang bisa memberikan kebahagiaan dan mana yang tidak. "Bagi beberapa orang, mengikuti akun tentang desain dan dekorasi rumah mungkin menenangkan. Namun untuk beberapa yang lain, akan membuat mereka iri karena rumah mereka tidak terlihat seperti itu," kata Emily Weinstein, peneliti dari Harvard University.

3. Lebih sering mengunggah, menyukai, komentar, dan kirim pesan.

Menurut Philippe Verduyn, asisten profesor psikologi dan penulis utama studi dari Maastricht University, Belanda mengatakan bahwa mengomentari dan memasang foto lebih baik ketimbang melakukan scrolling tanpa berpikir.

Baca Juga: Ini 8 Cara Keluarkan Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

4. Angkat konten positif

Menurut Weinstein, kamu mungkin bisa membuat konten menarik di Instagram yang bisa diikuti oleh akun lain untuk membuat kamu merasa positif

Baca Juga: Catat, 8 Manfaat Mengonsumsi Serai bagi Tubuh Anda

5. Ingatkan diri kamu bahwa yang mereka unggah bukan kehidupan nyata

"Bila kita melihat contoh model atau iklan, kita tahu orang itu tidak nyata atau sudah di-photoshop," kata Brain Primack, penulis utama studi University of Pittsburgh. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga