Catat, 8 Manfaat Mengonsumsi Serai bagi Tubuh Anda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 07 Januari 2022
0 dilihat
Catat, 8 Manfaat Mengonsumsi Serai bagi Tubuh Anda
Ilustrasi bahan rempah serai. Foto: Repro sajiansedap.grid.id

" Serai merupakan rempah khas Indonesia yang sering digunakan pada masakan untuk menambah cita rasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Serai merupakan rempah khas Indonesia yang sering digunakan pada masakan. Hal itu jelas menambah rasa dari masakan agar biar lebih sedap.

Selain menambah cita rasa pada masakan, jenis rempah satu ini juga dapat dihidangkan menjadi minuman hangat.

Dikutip dari wikipedia.org, serai atau sereh (Cymbopogon citratus) adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.

Serai sekilas mirip dengan tanaman daun bawang. Tanaman ini berasal dari daerah Ceylon, Sri Lanka yang kemudian menyebar dan tumbuh alami di negara-negara tropis.

Diketahui, serai mengandung beragam zat gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium.

Tidak hanya vitamin dan mineral, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida.

Meski sereh dapat memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh, kita tetap harus memerhatikan jumlah asupannya. Sebab, bukan tidak mungkin sereh akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Melansir hellosehat.com, berikut manfaat serai bagi kesehatan:

1. Mencegah naiknya kolesterol

Daun dan akar serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan sifat anti-hiperkolesterolemia yang membantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Ajarkan 5 Hal Ini Pada Anak Sejak Usia Dini

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi rutin teh serai, telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempertahankan tingkat trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

2. Menangkal penyakit

Aktivitas senyawa antioksidan pada ramuan serai dapat memberikan manfaat berupa perlindungan dari radikal bebas, membantu dalam menjaga kadar kolesterol tetap seimbang, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Berkat antioksidannya pula, mengonsumsi teh atau minuman mengandung serai akan bantu menjauhkan Anda dari risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas.

3. Sebagai aromaterapi pengusir nyamuk

Serai juga juga diketahui dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi oleh bangsa India dan Timur Tengah.

Di Indonesia sendiri, batang serai ditumbuk dan didiamkan beberapa saat setelah tidur, untuk membantu mengusir nyamuk yang menyebabkan gatal dan demam berdarah.

4. Mengobati ISK dan penyakit kulit

Sereh dapat bekerja sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati penyakit kulit karena infeksi seperti kurap, luka, kudis, dan juga infeksi saluran kencing (ISK) karena mengandung sifat anti-mikrobanya yang mampu membasmi jamur pada tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak serai menimbulkan efek baik pada infeksi kulit. Jamur patogen pada kulit akan lenyap jika Anda rajin mengoleskan ekstrak serai pada kulit yang bermasalah.

5. Mengobati insomnia

Manfaat selanjutnya, sereh didapuk berkhasiat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur dan bantu mengobati insomnia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh serai memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

6. Detoksifikasi

Manfaat sereh lainnya yaitu dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Detoksifikasi dengan tanaman serai membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal. Mengonsumsi teh serai juga dapat berkhasiat melancarkan buang air kecil.

Baca Juga: Ingin Menulis Novel? Berikut Caranya

7. Bantu memberikan efek menenangkan

Minum teh hangat biasanya menjadi salah satu solusi untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Nah, ternyata tak hanya dari teh chamomile, teh sereh juga bisa memberikan manfaat yang sama, lho!

Melansir Memorial Sloan Kettering Cancer Center, mencium aroma sereh dapat membantu meringankan gejala yang terkait dengan kecemasan. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan efektivitasnya.

8. Bantu mengatasi sindrom prahaid

Konsumsi sereh dapat menimbulkan efek diuretik, artinya rempah satu ini dapat merangsang organ ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine dari biasanya.

Khasiatnya bahkan pernah dibuktikan dalam sebuah studi skala kecil yang terbit pada Journal of Renal Nutrition. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa minum air sereh dapat meningkatkan produksi urine lebih banyak dari minuman lain.

Efek ini tentunya sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang mengalami sindrom prahaid. Hal itu mengingat pada saat-saat tersebut tubuh biasanya mengalami retensi (penyimpanan) air. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga