adplus-dvertising

Catat, Ini 10 Tips Belanja Online agar Tak Tertipu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 22 September 2022
223 dilihat
Catat, Ini 10 Tips Belanja Online agar Tak Tertipu
Belanja online memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Foto: Repro shutterstock

" Penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar terhindar dari penipuan saat belanja online "

KENDARI, TELISIK.ID - Perkembangan teknologi saat ini sangat memudahkan aktivitas masyarakat, termasuk dalam berbelanja. Hanya saja kamu harus hati-hati belanja online, sebab ada saja oknum yang mungkin melakukan penipuan.

Belanja daring adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual.

Kegiatan belanja daring ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses Internet.


Belanja daring adalah salah satu bentuk perdagangan elektronik yang digunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen.

Namun tidak selamanya belanja online berjalan mulus, ada saja pihak yang memanfaatkan keadaan ini untuk mendapatkan keuntungan dengan jalan tidak benar alias penipuan.

Olehnya, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar terhindar dari penipuan saat belanja online.

Melansir tokopedia.com, berikut beberapa tips belanja online agar tidak tertipu:

1. Cari Tahu Reputasi Penjual

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang secara online, terutama di marketplace, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap toko penjual barang yang akan dibeli.

Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, yaitu memastikan status toko apakah aktif atau tidak, lamanya umur toko, hingga testimoni lebih banyak positif atau negatif.

2. Cek Ulasan Produk

Setelah memastikan penjual bisa dipercaya, cek ulasan produk yang ingin kamu beli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dulu.

Simak ulasan satu per satu hingga foto yang disematkan guna membuatmu semakin yakin terhadap produk yang akan dibeli.

3. Apakah Harganya Masuk Akal?

Jangan tergiur oleh harga murah, karena hal ini bisa saja membuatmu terjebak. Bandingkan harga produk yang sama dengan beberapa toko sekaligus.

Baca Juga: 8 Tips Membeli HP Bekas Agar Tidak Tertipu

Apakah harganya masuk akal? Jika perbandingan harganya sedikit satu sama lain adalah hal yang wajar. Akan mencurigakan jika harga terlalu murah atau bahkan jauh melebihi yang disarankan.

Apabila terlalu murah bisa jadi ada niat untuk melakukan penipuan atau barang yang dijual bukanlah produk original.

4. Baca Deskripsi Produk

Jika sudah memastikan reputasi toko dan harga produk terbilang wajar-wajar saja. Baca deskripsi produk dengan saksama.

Pertama, sesuaikan judul dengan deskripsi yang ada di halaman produk. Pastikan nama barang, varian, spesifikasi hingga kelengkapan yang ditawarkan sudah sesuai.

Jika informasi kurang lengkap, kamu bisa menanyakan langsung ke penjual melalui fitur pesan.

5. Cermati Syarat dan Ketentuan

Setiap toko memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Baik itu masa garansi, perjanjian waktu pengembalian dan sebagainya.

Dengan mencermati syarat dan ketentuan yang diberlakukan setiap toko, maka kita sudah siap menerima apa yang telah dijanjikan oleh penjual.

6. Hindari Transfer Langsung

Sebaiknya, pilih platform marketplace jika kita hendak berbelanja secara online. Karena dengan ini, saat melakukan pembayaran akan ada pihak yang berada di tengah-tengah antara pembeli dan penjual.

Jadi, pembeli tidak langsung mengirim pembayaran ke penjual. Tetapi ditampung dulu oleh pihak electronic commerce (e-commerce), dan baru akan dikirim ke penjual setelah dipastikan barang tiba dengan selamat.

Nah, mungkin ada saja penjual yang ‘nakal’ dengan meminta pembeli mentransfer sejumlah uang pembayaran langsung ke rekening mereka. Jika ini terjadi, jangan mau untuk menerima permintaan tersebut.

Karena ini kemungkinan besar adalah penipu. Dengan mengirim pembayaran langsung ke rekening pribadi penjual, artinya akan sulit untuk meminta dana dikembalikan jika barang tidak kunjung sampai.

7. Simpan Bukti Pembayaran

Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, simpan bukti pembayaran baik-baik. Ini mungkin saja diperlukan apabilan terjadi hal-hal yang tidak diperkirakan sebelumnya.

8. Pastikan Keamanan Perangkat

Saat berbelanja daring, utamakan menggunakan perangkat laptop atau smartphone miliki pribadi. Hindari belanja di tempat dan menggunakan perangkat umum, karena keamanan yang tak terjamin.

Baca Juga: Awas Boros, Ini 5 Cara Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Selain itu, usahakan install aplikasi antivirus terbaik yang mampu menangkal berbagai ancaman di dunia maya yang bisa menyerang kapan pun.

9. Cek Paket dan Hilangkan Jejak Data

Jika semua hal sudah dipastikan dengan baik dan transaksi berjalan lancar, maka kita tinggal tunggu saja barang pesanan yang kita beli sampai ke tempat tujuan.

Setelah paket sampai di tangan, apakah sudah selesai? Tentu belum. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka dan memeriksa isi di dalam paket.

Apakah barang yang ada di dalam paket sesuai dengan apa yang kita beli? Dan, pastikan juga tidak ada kerusakan pada produk tersebut. Jika ada kerusakan, kita bisa segera melaporkannya untuk ditangani lebih lanjut.

Belum cukup sampai di situ, biasanya saat barang dikirim akan ada identitas pembeli yang berisi data-data pribadi. Seperti nama, alamat hingga nomor telepon.

Nah, jangan biarkan data-data tersebut kamu buang begitu saja di tempat sampah. Sebelum kertas catatan berisi data itu dibuang, gunting atau hancurkan terlebih dulu agar tidak terbaca.

Hal ini untuk menghindari penipuan yang bisa saja mengatasnamakan diri kita berbekal data-data yang tertera pada paket pengiriman.

10. Belanja di Marketplace atu Toko Online yang Terpercaya

Cara terakhir yang paling aman adalah dengan belanja di toko online terpercaya. Kini, kamu bisa merasakan melakukan transaksi di berbagai toko online dan marketplace.

Hal ini pun banyak disambut masyarakat, karena banyak kemudahan yang ditawarkan oleh toko online dan marketplace tersebut.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika mau berbelanja secara online. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga