Catat, Ini 3 Cara Jadi Ahli di Bidang yang Kamu Sukai

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 16 September 2022
0 dilihat
Catat, Ini 3 Cara Jadi Ahli di Bidang yang Kamu Sukai
Untuk bisa bersaing seseorang harus menjadi ahli di bidang yang dia geluti. Foto: Repro searchenginejournal.com

" Menjadi ahli atau expert di bidang yang kita sukai menjadi keinginan setiap orang. Berbagai cara pun dilakukan untuk mewujudkannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjadi ahli atau expert di bidang yang kita sukai menjadi keinginan setiap orang. Berbagai cara pun dilakukan untuk mewujudkannya.

Pada umumnya, dikutip wikipedia, pakar atau ahli ialah seseorang yang banyak dianggap sebagai sumber terpercaya atas teknik maupun keahlian tertentu yang bakatnya untuk menilai dan memutuskan sesuatu dengan benar, baik, sesuai dengan aturan dan status oleh sesamanya ataupun khayalak dalam bidang khusus tertentu.

Apa pun yang kita lakukan dan coba sudah seharusnya kita mengerahkan yang terbaik. Apapun profesi yang saat ini kita tekuni tentunya bukan hal mustahil untuk jadi ahli jika melakukan hal lain dengan cara yang terbaik.

Menjadi ahli di suatu bidang adalah hal hebat. Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk ahli do bidang yang sedang kita tekuni:

Baca Juga: 3 Tips Aplikasikan Apple Cheeks di Wajah

1. Jadilah pribadi yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Jika kita sudah membiasakan diri untuk terus mencari tahu segala hal yang belum kita ketahui, tanpa sadar di saat itulah kita selalu belajar.

Milikilah rasa ingin tahu yang tinggi dan juga berfikir kreatif dan inovatif. Kamu harus bisa mengembangkan ide-ide mu menjadi suatu hal yang hebat.

Selalu haus dengan ilmu pengetahuan dan tidak merasa bangga diri. Inilah sikap awal yang harus kita miliki jika ingin ahli di suatu bidang.

Mendalami bakat dan mencari tahunya sampai ke bagian detailnya. Dengan demikian, tentunya kita akan lebih luas mengetahui suatu hal. 

2. Miliki tujuan yang jelas di bidang yang kamu pilih

Milikilah tujuan di dalam tujuan besarmu. Contoh sederhananya kamu memilih bidang seni, maka buat tujuan yang lebih jelas dari seni itu sendiri.

Di langkah-langkah awal jangan sibuk untuk mencari uang dan pengakuan. Tapi lebih ke sikap mengembangkan diri dan belajar lebih banyak lagi.

Tidak mungkin juga di langkah pertama kita langsung memperoleh keuntungan besarnya. Biasakan untuk mencari pengalaman dan memanfaatkan kesempatan terlebih dahulu.

Setelah itu, baru kamu bisa membuat tujuan yang lebih besar lagi. Butuh kesabaran yang besar untuk berproses. 

Baca juga: Awas Tertipu, Ini 8 Tips Membeli Mobil Bekas

3. Melatih skill sampai expert

Bagaimana maksud dari expert itu sendiri? Tentunya ketika skill yang kamu miliki memang sudah benar-benar menjadi keahlianmu. Menguasai sampai bagian paling detailnya.

Semua orang bisa melakukannya, jika mereka konsisten dan tidak bosan untuk mengasah skillnya.

Skill juga perlu diasah, jangan biarkan berkembang begitu saja. Tentunya hal itu tidak bisa. Buat skill mu layaknya suatu hal yang tidak perlu kamu bingungkan lagi. Kamu sudah bisa mengendalikan skill tersebut untuk hal-hal hebat. 

Nah, itulah beberapa cara yang mudah dilakukan namun butuh keseriusan, keuletan, dan konsisten untuk mewujudkannya. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga