Catat, Ini 5 Cara Mengatur Waktu agar Lebih Produktif

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 26 Januari 2022
0 dilihat
Catat, Ini 5 Cara Mengatur Waktu agar Lebih Produktif
Ilustrasi produktif dalam menjalani aktivitas. Foto: Repro gramedia.com

" Produktif adalah sebuah cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sedikit waktu dan sedikit usaha "

KENDARI, TELISIK.ID - Semua orang pasti ingin menjalani hidupnya bisa produktif. Hanya saja tidak semua bisa melakukannya.

Mengutip gramedia.com, produktif adalah sebuah cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sedikit waktu dan sedikit usaha.

Ketika kamu mencoba ingin produktif, itu artinya kamu mencoba untuk mencapai tujuan dan bisa meluangkan waktu untuk hal-hal penting lainnya.

Berbicara soal produktif, maka ini erat hubungannya dengan mengatur waktu. Untuk mengatur waktu ini merupakan hal yang mudah tetapi sulit untuk diterapkan. Tidak semua orang bisa mengatur waktu mereka dengan baik.

Melansir yoursay.id, berikut cara-cara yang dapat kita lakukan agar dapat mengatur waktu dengan baik: 

1. Mengatur waktu dengan cara memprioritaskan hal yang penting

Saat ini, banyak sekali orang yang mempunyai kesulitan dalam menentukan hal yang perlu didahulukan sehingga sering terjadi benturan antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya.

Contoh yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita mendahulukan aktivitas dengan tenggat waktu terdekat. Seperti ketika mendapatkan tugas dari mata kuliah A dengan tenggat waktu pada hari senin dan mata kuliah B pada hari selasa, maka kita harus mengerjakan tugas mata kuliah A terlebih dahulu.

2. Menolak melakukan kegiatan yang kurang penting 

Poin kedua ini merupakan hal yang paling sulit untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada generasi milenial. Terkadang kita merasa kurang nyaman menolak ajakan seseorang dan seringkali hal tersebut membebankan kegiatan kita yang berujung merusak kestabilan mood diri kita.

Namun, hal tersebut dapat kita cegah dan kurangi sedikit demi sedikit apabila kita berani dan tegas dalam menentukan hal yang yang perlu didahulukan terlebih dahulu.

Jangan merasa tidak enak untuk berkata tidak karena jika kita memberi alasan dan pengertian yang masuk akal, teman atau sahabat kita pasti akan mengerti.

Jika memang kita harus ikut pergi, siapkan planning dari jauh hari agar kegiatan kita yang lain tidak terganggu. 

3. Mengurangi beberapa hal yang mengganggu kegiatan produktivitas 

Baca Juga: Yuk, Lakukan 5 Cara Ini untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan kita mengurangi hal yang mengganggu produktivitas dapat membantu kita dalam mengatur waktu dengan baik.

Hal tersebut seperti tidak terlalu banyak menonton TV dan bermain HP sambil mengerjakan tugas karena hanya membuang waktu kita. Kegiatan ini tidak produktif dan membuat kita lupa waktu yang pada akhirnya banyak kegiatan yang akan tertunda.

Fokus pada planning yang sudah dan kurangi kegiatan tersebut adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatur waktu.

Hal tersebut mungkin susah untuk dilakukan karena mudah terganggu dengan kegiatan diluar planning.

4. Memperkirakan jarak waktu

Memperkirakan jarak waktu antara kegiatan satu dengan yang lainnya juga perlu untuk kita lakukan. Memperkirakan waktu mulai dari bangun tidur, mandi, sarapan, dan hal lainnya juga membantu kita dalam mengatur waktu.

Mengatur waktu harus dibiasakan dari hal-hal kecil agar aktivitas sehari-hari kita juga berjalan lebih baik.

Dengan kita mempertahankan dan mengukur jarak waktu pada setiap kegiatan akan mempermudah kita juga dalam mengatur kegiatan penting lainnya.  

Baca Juga: Merasa Cemas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

5. Menjaga pola tidur 

Menjaga pola tidur juga merupakan salah satu hal yang penting dalam mengatur waktu.

Jika kita kurang tidur, kita cenderung lebih sulit melakukan aktivitas dan membutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikan tugas dibandingkan orang yang pola tidurnya baik.

Dengan kita menjaga pola tidur dengan baik, tubuh terasa lebih sehat dan berenergi serta dapat menjaga fungsi otak. Hal ini akan membantu kita menjadi lebih produktif dan konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga