Catat, Ini 5 Cara Mudah Agar Tidur Lebih Nyenyak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 01 Januari 2022
0 dilihat
Catat, Ini 5 Cara Mudah Agar Tidur Lebih Nyenyak
Rekomendasi tidur yang baik berkisar antara 7-8 jam. Foto: Repro gettyimages.com

" Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup, sebab jika tidak, tubuh akan lemas dan mudah sakit "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai manusia biasa, istirahat atau tidur menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari.

Berbagai penelitian menerangkan bahwa tubuh membutuhkan istirahat yang cukup, sebab jika tidak, tubuh akan lemas dan mudah sakit.

Rekomendasi tidur yang baik berkisar antara 7-8 jam. Namun untuk melakukan rekomendasi tersebut rasanya cukup sulit. Mengingat seringkali seseorang ada banyak deadline proyek kerjaan yang harus dipenuhi, belum lagi hal-hal sepele lainnya sehingga harus mengurangi waktu tidur.

Ketika tubuh kekurangan istirahat, biasanya seseorang akan merasa sangat lelah saat bangun pagi, diikuti dengan sakit kepala menusuk, bahkan hingga ketiduran di siang hari.

Mengutip alodokter.com, istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Jam tidur yang kurang, diduga meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes.

Jika istirahat dan tidur yang cukup bisa mempengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa atau gula darah. Kurang tidur membuat kadar gula darah kita lebih tinggi dari batas normal. Akibatnya, kita pun lebih rentan terserang diabetes.

Untuk mengantisipasi kekurangan istirahat karena sulit tidur, memang harus melakukan berbagai upaya. Sehingga tubuh bisa setiap hari tetap fit.

Baca Juga: Hubungan Seks dalam Air Tidak Bikin Hamil, Sperma Langsung Mati

Mengutip hellosehat.com, berikut tips dan trik untuk mendapatkan tidur cukup dan juga nyenyak:

1. Jangan main handphone atau laptop di tempat tidur

Melatonin, hormon alami tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang membantu Anda tidur, hanya ada di malam hari.

Jadi, saat Anda mematikan lampu kamar dan berhenti mengutak-atik handphone sebelum tidur, otak dan mata Anda akan mulai mengirimkan sinyal ke kelenjar pineal Anda untuk mulai memproduksi melatonin.

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari gadget Anda, install aplikasi seperti F.Lux yang bisa mengurangi gelombang cahaya biru dari perangkat Anda.

2. Jangan makan malam dekat waktu tidur

Proses pencernaan butuh waktu yang tidak sebentar, dan tentunya Anda tidak ingin langsung buru-buru berbaring setelah makan. Langsung tidur sesudah makan bisa meningkatkan kadar asam lambung dan memicu sakit maag.

Terkadang bisa juga menimbulkan rasa panas di perut, dada, dan tenggorokan. Beri jarak yang cukup antara waktu makan malam dan waktu tidur Anda.

3. Buat rutinitas malam sederhana

Baca Juga: Pahami Beberapa Ciri-Ciri Busi Motor Rusak Ini Agar Tidak Semakin Parah

Matikan lampu-lampu sebelum jam 10, minum teh hangat sebelum tidur, atau baca buku ringan menjelang tidur.

Apapun itu, membiasakan diri dengan rutinitas kecil di malam hari bertujuan untuk memberi tahu otak Anda bahwa waktu tidur sudah dekat sehingga otak akan mulai mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk bersiap tidur.

4. Stop minum kopi di sore hari

Untuk mendapatkan tidur berkualitas, hentikan konsumsi kafein dalam bentuk apapun baik itu teh, kopi, minuman energi, soda, bahkan permen cokelat, setidaknya delapan jam sebelum waktu tidur.

5. Atur suhu kamar

Suhu kamar yang ideal demi mendapatkan tidur nyenyak adalah 20-23°C. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga