Catat, Ini 5 Cara Mudah Menghindari Sariawan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 05 November 2022
0 dilihat
Catat, Ini 5 Cara Mudah Menghindari Sariawan
Sariawan menjadi salah satu penyakit yang sering dialami seseorang. Hal ini karena dipengaruhi beberapa sebab. Foto: Repro sinarharapan.co

" Salah satu penyakit mulut yang sering dialami seseorang adalah sariawan. Munculnya sariawan bukan karena terjadi begitu saja, tapi juga dipengaruhi oleh sejumlah penyebab "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit mulut yang sering dialami seseorang adalah sariawan. Munculnya sariawan bukan karena terjadi begitu saja, tapi juga dipengaruhi oleh sejumlah penyebab.

Dikutip halodoc.com, sariawan atau yang disebut juga dengan stomatitis merupakan peradangan pada mulut yang terasa nyeri, sehingga bisa mengganggu pengidapnya untuk makan, berbicara dan tidur.

Sariawan bisa muncul di mana saja di dalam mulut, termasuk di dalam pipi, gusi, lidah, bibir dan langit-langit mulut.

Sariawan muncul dikarenakan beberapa sebab. Dengan mengetahui penyebabnya, setidaknya kita bisa menghindari sariawan ini.

Baca Juga: 3 Cara Alami Ini Bisa Obati Sakit Mata Tanpa Harus ke Dokter

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan sehat untuk menghindari sariawan:

1. Menjaga kebersihan mulut dengan baik

Menggabungkan teknik menyikat gigi dan flossing yang tepat akan membantu Anda menjaga mulut tetap bersih dan bebas dari partikel makanan yang dapat memicu pembentukan rasa sakit.

Dokter gigi selalu merekomendasikan penggunaan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi serta obat kumur yang bebas sodium lauryl sulfate karena dapat memicu pembentukan sariawan.

2. Selalu perhatikan apa yang Anda makan

Makanan tertentu seperti keripik, kacang-kacangan, rempah-rempah dan buah-buahan asam (jeruk bali, jeruk, nanas, dll.) dapat menyebabkan sariawan. Oleh karena itu menghindari makanan-makanan tersebut adalah cara terbaik menghindari sariawan.

3. Konsumsi makanan sehat

Pada sebagian orang, kekurangan vitamin, zat besi, dan lain-lain dapat menyebabkan sariawan. Oleh karena itu, makan makanan yang kaya vitamin dan zat besi akan mencegah pembentukan sariawan pada orang-orang tersebut.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak

4. Lindungi mulut dari peralatan tajam

Peralatan ortodontik tertentu seperti kawat gigi memiliki ujung yang tajam yang dapat mengiritasi bagian mulut yang menyebabkan sariawan. Kunjungi dokter gigi Anda untuk menutupi atau mengarsipkan tepi tajam tersebut.

5. Kurangi stres

Terkadang sariawan dikaitkan dengan stres. Berlatih aktivitas pengurangan stres seperti yoga atau meditasi dapat mengurangi pembentukan sariawan yang berhubungan dengan stres. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga