adplus-dvertising

Catat, Ini 5 Langkah Sederhana Atasi Stres yang Kamu Alami

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 26 Mei 2022
425 dilihat
Catat, Ini 5 Langkah Sederhana Atasi Stres yang Kamu Alami
Stres merupakan bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan. Foto: Repro hellosehat.com

" Jika stres ini dibiarkan hingga berhari-hari, akan menurunkan kualitas hidup. Biasanya seseorang akan kesulitan berkonsentrasi, sehingga menyebabkan performa kerja menurun "

KENDARI, TELISIK.ID - Stres seringkali dialami seseorang, baik diakibatkan karena bekerja maupun hubungan dengan pasangan.

Dikutip dari kemkes.go.id, stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri.

Stres merupakan bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita.


Jika stres ini dibiarkan hingga berhari-hari, maka itu akan menurunkan kualitas hidup. Biasanya seseorang akan kesulitan berkonsentrasi, sehingga menyebabkan performa kerja menurun.

Tidak hanya itu, seseorang jadi sering marah-marah menyebabkan rusaknya hubungan interpersonal dan berbagai dampak buruk stres lainnya.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa langkah sederhana agar stres yang kamu alami bisa ditekan hingga seminimal mungkin:

1. Terapkan mindfullness

Di antara penyebab stres semakin parah adalah terus menyesali masa lalu dan terlalu mengkhawatirkan masa depan. Untuk mengatasinya, cobalah terapkan mindfullness, yakni pusatkan perhatianmu pada momen saat ini.

Baca Juga: Bibir Kering? Ini 7 Cara Mengatasi Secara Alami

Misalnya, ketika sedang makan. Coba perhatikan aromanya, teksturnya, warnanya, hingga kamu bisa benar-benar nikmati bagaimana enaknya rasa makanan yang sedang dikonsumsi. Sering-sering mempraktikkan ini bisa mencegahmu berpikir yang tidak-tidak karena perhatianmu terfokus pada yang sedang dijalani.

2. Sering-sering mendengarkan lagu yang bersemangat

Kalau kamu termasuk orang yang gampang stres, sebaiknya hindari menyetel musik-musik galau. Bisa makin stres nantinya.

Ganti dengan jenis musik penyemangat atau bertempo cepat supaya bisa mengusir kegalauan dan menaikkan mood. Kamu jadi enggak stres lagi, deh!

3. Melakukan pijat

Tubuh kamu membutuhkan waktu untuk istirahat dan rileks, lho. Oleh sebab itu, jangan merasa bersalah untuk bersantai, misalnya dengan melakukan massage atau pijat.

Hal ini cukup ampuh untuk mengendurkan otot-otot yang kaku serta membuat pikiranmu jadi lebih rileks.

4. Konsumsi jenis makanan yang sehat

Langkah sederhana selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan stres, yaitu mengonsumsi makanan yang sehat. Tidak hanya baik bagi kesehatan seluruh tubuh, tapi juga menjaga kesehatan otak. Kalau kondisi otak fit, maka kamu pun tidak gampang terkena stres.

Baca Juga: Pasutri Perlu Tahu, Ini Tips Bercinta Anti Berisik di Rumah Mertua

5. Biasakan berbicara positif ke diri sendiri

Apakah kamu sering berbicara negatif ke diri sendiri? Nah, mulai sekarang coba deh lebih welas asih ke diri sendiri dengan mengatakan ucapan-ucapan positif. Hal ini supaya bisa menghilangkan kebiasaan berpikir negatif yang sering kali jadi penyebab kamu stres tidak karuan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga