Catat, Ini 5 Tips Memilih Warna Cat Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 12 November 2022
0 dilihat
Catat, Ini 5 Tips Memilih Warna Cat Rumah
Memilih cat rumah sangat penting agar bisa menciptakan interior rumah yang ciamik. Foto: Repro google.com

" Mengingat cat rumah dapat menentukan kenyamanan penghuninya, penting untuk memperhatikan variasi warna cat rumah minimalis yang akan dipakai "

KENDARI, TELISIK.ID - Memilih cat yang tepat sangat penting agar rumah bisa terlihat lebih indah dipandang. Para penghuni pun bisa merasa nyaman berada di rumah.

Dikutip dari rumah123.com, cat rumah tak hanya berguna sebagai pelengkap interior, melainkan juga eksterior rumah.

Mengingat cat rumah dapat menentukan kenyamanan penghuninya, penting untuk memperhatikan variasi warna cat rumah minimalis yang akan dipakai.

Misalnya dengan menerapkan warna cat rumah yang sejuk dan berwarna, demi menambah kesan modern di dalam hunian.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui paduan warna cat rumah sederhana tapi mewah, demi menciptakan interior rumah ciamik.

Melansir mamikos.com, berikut beberapa tips dalam memilih warna cat rumah:

1. Mengenali Model Rumah

Hal paling utama dalam menentukan warna cat adalah mengetahui model rumah. Apakah kamu memiliki rumah dengan model minimalis, klasik, atau bahkan tradisional?

Baca Juga: 5 Cara Jitu Memulihkan Diri dari Patah Hati

Tentunya, untuk masing-masing model rumah akan ada warna tersendiri yang lebih sesuai. Model rumah juga nantinya mempengaruhi pemilihan perabotan dan penataan rumah.

2. Memahami Kesan yang Ingin Dibentuk

Ada warna yang menunjukkan kesan hangat dan ada yang menunjukkan keceriaan. Agar bisa memilih warna yang cocok, pahami dulu suasana dan kesan seperti apa yang ingin kamu buat di rumah. Misalnya, jika ingin kesan kalem dan nyaman, kamu bisa memilih warna cream dan putih atau cream dan abu-abu.

3. Memperhatikan Efek Pencahayaan

Ketika mengetes warna, pastikan kamu juga sudah melihatnya dengan tipe pencahayaan yang berbeda-beda. Misalnya, warna orange akan terlihat seperti apa ketika pagi, siang, sore, dan malam ketika terkena lampu.

Perhatikan juga arah pencahayaan dari letak jendela dan pintu. Kamu juga bisa memvisualisasikan peletakan barang-barang agar warna menjadi lebih indah.

4. Membuat Palet Warna

Sebelum menerapkan cat, kamu bisa membuat palet warna atau pilihan warna terlebih dahulu. Cobalah mencocokkan beberapa warna. Idenya bisa ditemukan melalui warna yang sedang tren atau mencari pilihan warna melalui internet.

Dalam hal ini, kamu bisa mempertimbangkan apakah warna bisa saling melengkapi atau menjadi kontras satu sama lain. Pilihannya akan bergantung lagi dengan kesan yang ingin ditimbulkan.

Jangan lupa juga diskusikan finishing-nya dengan tukang bangunan, desainer, atau arsitek yang kamu gunakan jasanya. Sebab, pilihan finishing tipe glossy sudah pasti akan menghasilkan efek yang berbeda dari matte.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengontrol Emosi Agar Amarah Lebih Terkendali

5. Lakukan Eksperimen

Setelah menentukan warna dari palet yang kamu buat, lakukan tes atau eksperimen warna. Eksperimen ini bisa kamu lakukan dengan menerapkan warna pilihan langsung ke dinding berwarna putih.

Hanya dengan menerapkan langsung ke tembok atau objek yang ingin diberi warna, kamu bisa menentukan apakah paduan warna pilihanmu sudah sesuai. Namun, hasil sesuai atau tidaknya baru bisa kamu putuskan setelah menunggu kira-kira 24 jam.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih warna cat rumah, demi menciptakan interior rumah ciamik. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga