adplus-dvertising

Catat, Ini 5 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 31 Oktober 2022
357 dilihat
Catat, Ini 5 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih
Untuk bisa mendapatkan manfaat secara maksimal dari minum air, penting mengetahui waktu terbaik untuk minum air setiap hari. Foto: Repro alodokter.com

" Air putih menjadi salah satu kebutuhan wajib yang harus dipenuhi oleh tubuh. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, penting untuk mengetahui waktu terbaik minum air "

KENDARI, TELISIK.ID - Air putih menjadi salah satu kebutuhan wajib yang harus dipenuhi oleh tubuh. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, penting untuk mengetahui waktu terbaik minum air.

Dikutip dari alodokter.com, tidak hanya menghilangkan dahaga, manfaat minum air putih untuk kesehatan sangatlah beragam.

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secara rutin.


Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Sementara itu, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan wanita menyusui 3 liter per hari.

Baca Juga: 13 Cara Agar Tetap Aman Saat di Kerumunan, Wajib Catat

Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak jika mengalami beberapa kondisi, seperti setelah berolahraga, saat cuaca panas, atau ketika mengalami demam, diare dan muntah-muntah.

Namun untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, penting untuk mengetahui waktu terbaik minum air.

Melansir yoursay.id dari everydayhealth.com, berikut beberapa waktu terbaik untuk minum air putih:

1. Setelah Bangun Tidur

Umumnya kita tidur selama 7-8 jam setiap malam. Selama waktu itu tubuh kita tak menerima cairan apapun, sehingga kita bangun dalam keadaan tubuh yang dehidrasi. Maka dari itu, sebelum meraih kopi atau jenis minuman berasa lain, ada baiknya kita meminum segelas sampai dua gelas air putih terlebih dahulu.

2. Segelas Air Sebelum Makan

Meminum segelas air putih sebelum kita memakan makanan berat bisa membantu mengontrol rasa lapar kita. Jika kita meminum segelas air terlebih dahulu sebelum makan, porsi makan yang lebih sedikit akan membuat kita merasa cukup kenyang. Berat badan pun akan lebih terkontrol seolah kita melakukan diet.

3. Sehabis Makan

Untuk membantu melarutkan makanan yang sudah kita telan, kita bisa mengonsumsi segelas air. Proses pencernaan pun akan berlangsung lebih cepat karena jumlah cairan yang lebih banyak.

4. Saat Alami Kemerosotan Energi (Siang Hari)

Ketika kamu merasa ngantuk dan kehabisan energi di siang hari, daripada menambah secangkir kopi lagi, lebih baik kamu meminum satu atau dua gelas air putih untuk memulihkan dirimu. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan tidur di malam hari karena pengaruh kafein.

Baca Juga: Cara Mudah Buat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

5. Sebelum, Ketika, dan Setelah Berolahraga

Berolahraga tentu membuat tubuh kita berkeringat dan mengurangi jumlah cairan yang ada dalam tubuh. Untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang itu, kita perlu meminum air mineral agar tetap terhidrasi. Minum air putih sebelum, saat, dan setelah berolahraga agar kegiatan mengolah ragamu berjalan optimal.

Nah, itulah beberapa tips waktu terbaik untuk meminum air putih. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga