Catat, Ini 8 Dalil Zakat dalam Al-Qur'an

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 27 Maret 2024
0 dilihat
Catat, Ini 8 Dalil Zakat dalam Al-Qur'an
Zakat menjadi salah satu perintah dalam Islam yang harus ditunaikan. Foto: Repro Freepik/odua

" Untuk lebih mengutamakan lagi keyakinan terhadap perintah zakat ini, ada baiknya setiap muslim mengetahui dalil-dalil tentang zakat, khususnya dalam Al-Qur'an "

KENDARI, TELISIK ID - Salah satu amalan yang diperintahkan dalam agama Islam adalah menunaikan zakat. Perintah ini memiliki dalil yang jelas, khususnya dalam kitab suci Al-Qur'an.

Dikutip dari baznas.go.id, zakat merupakan bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan.

Sebagai salah satu rukun Islam, zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf).

Zakat berasal dari bentuk kata "zaka" yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5).

Sementara makna tumbuh dalam arti zakat ini, menunjukkan bahwa mengeluarkan zakat sebagai sebab adanya pertumbuhan dan perkembangan harta, pelaksanaan zakat itu mengakibatkan pahala menjadi banyak.

Sedangkan makna suci menunjukkan bahwa zakat adalah mensucikan jiwa dari kejelekan, kebatilan dan pensuci dari dosa-dosa.

Baca Juga: 3 Ulama Indonesia Ini Pernah jadi Imam Masjidil Haram, Simak Profilnya

Untuk lebih mengutamakan lagi keyakinan terhadap perintah zakat ini, ada baiknya setiap muslim mengetahui dalil-dalil tentang zakat, khususnya dalam Al-Qur'an.

Melansir detik.com, berikut beberapa dalil tentang zakat yang disebutkan dalam Al-Qur'an:

1. Al-Baqarah Ayat 43

Artinya: "Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk." (QS Al-Baqarah: 43).

2. Al-Bayyinah Ayat 5

Artinya: "Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus." (QS Al-Bayyinah: 5).

3. At-Taubah Ayat 103

Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (At-Taubah: 103).

4. Al-A'la Ayat 14 dan 15

Artinya: "(14) Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan membayar zakat fitrah), (15) dan dia ingat nama Tuhannya (dengan mengumandangkan takbir), lalu dia melaksanakan salat (Idul Fitri)." (QS Al-A'la: 14-15).

5. An-Nur Ayat 56

Artinya: "Dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat." (QS An-Nur: 56).

6. Al-Anbiya Ayat 73

Artinya: "Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada mereka mengerjakan kebajikan, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu menyembah," (QS Al-Anbiya: 73).

Baca Juga: Mau Itikaf Ramadan di Masjidil Haram? Ini Syaratnya

7. Maryam Ayat 55

Artinya: "Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya." (QS Maryam: 55).

8. At-Taubah Ayat 60

Artinya: "Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (At-Taubah: 60).

Nah, itulah beberapa dalil tentang zakat dalam Al-Qur'an, yang diharapkan menambahkan keyakinan untuk menunaikan perintah zakat. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga