adplus-dvertising

Catat, Ini 8 Tips Dapat Kerja untuk Fresh Graduate yang Minim Pengalaman

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Sabtu, 09 Juli 2022
371 dilihat
Catat, Ini 8 Tips Dapat Kerja untuk Fresh Graduate yang Minim Pengalaman
Banyak di antara fresh graduate harus menunggu berbulan-bulan bahkan tahunan untuk mendapatkan pekerjaan. Foto: Repro Kompas.com

" Kebanyakan faktor penyebab sulitnya mendapat pekerjaan bagi seorang fresh graduate adalah kurangnya pengalaman kerja "

KENDARI, TELISIK.ID - Mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliah di perguruan tinggi, tentu memiliki perasaan khawatir yang biasa dihadapi oleh fresh graduate. Apa dia? Yakni dalam mencari pekerjaan.

Mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah merupakan sesuatu yang tidak mudah. Bahkan banyak di antara fresh graduate yang harus menunggu berbulan-bulan bahkan tahunan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Apalagi, kebanyakan faktor penyebab sulitnya mendapat pekerjaan bagi seorang fresh graduate yakni kurangnya pengalaman kerja.


Sementara ada beberapa institusi penerima kerja yang memberikan syarat para pelamar kerja berpengalaman, minimal satu tahun di bidangnya.

Akan tetapi, kamu tidak perlu merasa khawatir karena ada cara yang bisa dilakukan agar perusahaan penerima kerja tertarik pada kamu seorang fresh graduate.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut langkah mudah dapat kerja bagi fresh graduate minim pengalaman:

1. Kenali apa yang kamu inginkan

Sebelum memasuki dunia kerja, kamu harus mengetahui minat dan pekerjaan seperti apa yang kamu inginkan. Dengan mengenali minat tersebut, kamu akan mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan posisi yang diinginkan. 

Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat penting karena mampu membantumu menjawab seluruh pertanyaan pewawancara dengan baik dan meyakinkan nantinya.

2. Awali karir jadi anak magang

Tidak punya pengalaman belum tentu tidak bisa bekerja. Karena itu kamu bisa mencoba menyalurkan ilmu, kemampuan, kelahlian, dan keterampilan yang didapat saat kuliah dengan mendaftar magang terlebih dahulu.

Baca Juga: Ingin Warnai Rambut tapi Takut Rusak? Yuk, Cobain Bahan Alami Ini

Dengan begitu, kamu punya pengalaman bekerja yang bisa menjadi poin penting untuk dideskripsikan di surat lamaran kerja maupun CV.

3. Buat CV dan resume kreatif

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai fresh graduate agar bisa mencuri perhatian HRD perusahaan adalah membuat surat lamaran kerja (resume) dan curriculum vitae (CV) semenarik mungkin.

Perhatikan pula penggunaan huruf kapital, huruf miring, huruf dicetak tebal, dan tata kalimat sedemikian rupa, sehingga poin-poin penting yang menjadi isi lamaran kerja kamu tersampaikan.

4. Berani dan tidak takut gagal

Sebagai seorang fresh graduate ditolak di suatu perusahaan adalah hal biasa. Hal ini jangan membuat kamu jadi patah semangat.

Sebab, masih banyak fresh graduate yang memiliki pengalaman kerja tetapi juga ditolak berkali-kali ketika melamar pekerjaan.

5. Manfaatkan media sosial

Saat ini hampir seluruh perusahaan memanfaatkan media sosial dan melihat calon pekerjanya di media sosial. Jadi, bersikap bijak dan berhati-hatilah saat menggunakan media sosial. 

Sebab, hal tersebut akan menjadi salah satu nilai penting di mata perusahaan sebagai bahan pertimbangan. Kemudian, buat juga profil yang kuat dan baik di LinkedIn sebagai nilai tambah kamu saat mencari pekerjaan.

6. Manfaatkan aplikasi pencari pekerjaan

?Berbeda dengan zaman dahulu, saat ini mencari pekerjaan tidak hanya dilakukan secara offline saja, tapi juga bisa menggunakan beberapa website atau aplikasi pencari kerja.

?Situs resmi dan aplikasi tersebut juga akan memberikan informasi dengan mudah tentang kriteria apa saja yang sedang dicari oleh perusahaan tersebut dan pekerjaan apa yang cocok dengan pelamar.

Baca Juga: Mahasiswa Semester Akhir? Simak 7 Tips Memilih Judul Skripsi yang Baik dan Menarik

?Cukup dengan membuat akun, kamu bisa mendapatkan notifikasi apabila ada pekerjaan yang baru dibuka untuk fresh graduate.

7. Manfaatkan kenalan

?Setelah lulus, jangan sungkan bertanya kepada saudara atau teman yang sudah bekerja. Cari tahu seputar informasi lowongan pekerjaan yang mungkin sedang dibuka.

?Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan relasi teman semasa kuliah yang sudah bekerja atau memiliki relasi dengan sebuah perusahaan.

8. Jangan terlalu memilih

?Meski yang dicari adalah pekerjaan yang diinginkan, namun ketika ada kesempatan berharga sebaiknya fresh graduate tidak menolaknya. Hal itu bisa dipertimbangkan sebagai pengalaman kerja awal atau batu loncatan untuk karier selanjutnya.

?Oleh karena itu, lamarlah pekerjaan di banyak perusahaan sesuai dengan bidang yang kamu inginkan. Bila perlu kamu bisa bikin daftar setiap harinya untuk melamar di beberapa perusahaan. Lakukan dengan konsisten dan pantang menyerah. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga