Catat, Ini Syarat Jika Bepergian di Jatim Saat Pergantian Tahun Baru 2022

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 23 Desember 2021
0 dilihat
Catat, Ini Syarat Jika Bepergian di Jatim Saat Pergantian Tahun Baru 2022
Pengecekan pos pam operasi lilin semeru 2021 di malang. Foto: Humas Polda Jatim

" Masyarakat yang hendak bepergian saat pergantian tahun baru 2022 harus menerapkan persyaratan ketat "

SURABAYA, TELISIK.ID - Polda Jatim kembali memastikan tidak akan melakukan penyekatan terhadap masyarakat pada saat malam pergantian tahun baru 2022 mendatang.

Namun, masyarakat yang hendak bepergian saat pergantian tahun baru 2022 nanti harus menerapkan persyaratan ketat.

“Tidak ada cek poin, putar balikkan dan tidak menyekat. Tetapi kami akan memberlakukan random sampling di rest area seperti di jalan tol dan tempat-tempat tertentu, seperti di jalur arteri dan menempatkan pos pelayanan seperti di luar jalan tol,” kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman, Kamis (23/12/2021).

Menurut Latif Usman, syarat perjalanan yang harus dimiliki masyarakat seperti yang diatur dalam Addendum Surat Edaran Nomor 24 Tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Satgas COVID-19 pada 11 Desember 2021 antara yang harus dilengkapi oleh pelaku perjalanan.

“Syarat tersebut diantaranya pelaku perjalanan jarak jauh dengan seluruh moda transportasi wajib menunjukkan bukti vaksinasi lengkap, dan hasil rapid tes antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan,” terangnya.

Sedangkan untuk pelaku perjalanan di atas 17 tahun, kata Latif Usman, yang belum divaksinasi dosis lengkap mobilitasnya dibatasi untuk sementara.

Baca Juga: Wakili Sultra, Lima Atlet Buton di PON XX Papua Dapat Bonus

Untuk wilayah lain di Jatim yang rawan kerumunan saat pergantian tahun baru 2022 misalnya Pacet, kata mantan Wadirlantas Polda Metro Jaya ini, akan diberlakukan sistem ganjil genap.

Baca Juga: Terseret Aliran Sungai, Tim SAR Temukan Nenek Mianti Sudah Tewas

”Jika tidak memungkinkan, maka akan dilakukan pembatasan dan menutup tempat wisata yang sudah dipenuhi pengunjung,” tutupnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga