Cegah Banjir, Pemkot Bangun Tanggul Penahan Banjir

Sumarlin, telisik indonesia
Sabtu, 29 Agustus 2020
0 dilihat
Cegah Banjir, Pemkot Bangun Tanggul Penahan Banjir
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (baju putih) mengecek pembangunan tanggul pengaman tebing di Kali Lepo-lepo. Foto: Sumarlin/Telisik

" Kalau tanggul ini sudah jadi, saya minta warga menjaganya. "

KENDARI, TELISIK. ID - Pemerintah Kota Kendari membangun tanggul penahan banjir sepanjang 400 meter di Kelurahan Lepo-lepo Kecamatan Baruga dan Kelurahan Kambu Kecamatan Kambu dengan anggaran sekira Rp 2,6 miliar.

Melihat progres pembangunan pengaman tebing Kali Lepo-lepo dan Kali Kambu, Sabtu (29/8/2020), wali kota bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, meninjau pembangunan proyek itu.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meminta, jika proyek itu selesai, warga setempat bisa menjaga dan merawat bangunannya, sehingga bisa dipergunakan dalam jangka waktu lama.

"Kalau tanggul ini sudah jadi, saya minta warga menjaganya," ucap Sulkarnain.

Kepala BPBD Kota Kendari, Paminudin mengatakan, pembangunan tanggul itu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya banjir di rumah-rumah warga akibat debit air kali yang cukup tinggi di setiap musim penghujan tiba.

Baca juga: Positif COVID-19 di Sultra Bertambah 39 Kasus, Baubau Penyumbang Terbanyak

Menurutnya, pembangunan tanggul merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kota Kendari dalam menangani banjir yang sering dikeluhkan warga.

"Pemerintah kota betul- betul serius dalam melaksanakan pembangunan, baik itu sarana infrastruktur dan sarana sarana lainya yang menjadi kebutuhan mendesak masyarakat," tuturnya.

Mantan Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini menambahkan, tanggul itu akan dikerjakan secara bertahap dan ditarget tuntas tahun 2020.

"Kami akan terus berupaya agar mendapatkan penambahan pekerjaan tanggul ini yang bersumber dari APBN melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," ungkapnya.

Dia juga meminta, masyarakat mendukung dan mempermudah pekerjaan proyek ini, karena beberapa titik akan menggunakan sedikit lahan warga.

Reporter: Sumarlin

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga