Cegah Inflansi, Pemkab Buton Selatan Soroti Papalele Ikan

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Selasa, 27 Februari 2024
0 dilihat
Cegah Inflansi, Pemkab Buton Selatan Soroti Papalele Ikan
PJ Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman Saat menyimak curhatan warga terkait harga bahan pokok di Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Jelang Ramadan acap kali memicu terjadinya lonjakan harga yang sangat drastis. Mulai dari barang, jasa, hingga komoditas bahan pokok di pasaran. Untuk itu, Pemkab Buton Selatan Soroti papale ikan dalam mencegah Inflansi "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Jelang Ramadan acap kali memicu terjadinya lonjakan harga yang sangat drastis. Mulai dari barang, jasa, hingga komoditas bahan pokok di pasaran. Untuk itu, Pemkab Buton Selatan Soroti papale ikan dalam mencegah Inflansi.

PJ Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman mengatakan, pada  pengendalian inflansi tahun 2024, Pemda tidak hanya mengadakan pasar murah. Namun melalu rapat koordinasi Pemda bersama Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID).

Ia mengaku pihaknya terus menjaga stabilitas harga bahan pokok khususnya pada harga ikan. Dimana melalui OPD teknis untuk berkoordinasi dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Buton Selatan.

Baca Juga: Makna Festival Budaya Bongkhano Tahu Bagi Masyarakat Buton Selatan

Budiman menegaskan, melalui koordinasi tersebut nantinya persediaan ikan yang ada pada TPI dapat membantu menjaga stabilitas harga ikan agar tetap normal untuk harga pasar secara umum.

Selain itu, ia turut menyoroti para tengkulak-tengkulak ikan atau biasa disebut dengan papalele agar tidak bermain harga. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya menurut Budiman, ketika jumlah ikan di pasaran berkurang maka saat itu akan terjadi kenaikan harga.

"Mereka bisa menahan ikan dan menaikan harga, hal inilah yang kita tidak inginkan," ungkap La Ode Budiman kepada Telisikmid di Pasar Murah, Buton Selatan, Selasa (27/2/2024).

Sementara itu, pada acara Pasar Murah di Lapangan Lakarada, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Buton Selatan, Isur Hanafsan turut menyampaikan bahwa pada upaya pengendalian inflansi pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak distributor yang menjual bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara Pantau Langsung PSU di Buton Selatan

Isur menambahkan, pihak Pemkab Buton Selatan juga membantu biaya mobilisasi pendistribusian bahan pokok ke Pasar Murah Buton Selatan yang semua anggaran tersebut bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Kita subsidi juga biaya transportasi pihak distributor," katanya.

Diketahui, inflansi dapat terjadi apabila jumlah barang atau jasa tertentu dan komoditas bahan pokok mengalami penyusutan pada jumlah persediaan. Sedangkan jumlah permintaan di pasar tetap sama, hal tersebut menjadikan beberapa komoditas mengalami kenaikan harga yang sangat drastis. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga