Cegah Kecelakaan Terulang, Pemda Konawe Tebang Pohon Sepanjang Jalan Kota Unaaha

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 29 September 2023
0 dilihat
Cegah Kecelakaan Terulang, Pemda Konawe Tebang Pohon Sepanjang Jalan Kota Unaaha
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, pimpin langsung kegiatan penebangan pohon di sepanjang jalan Kota Unaaha. Foto: Ist.

" Mengantisipasi terjadinya pohon tumbang serta memberikan rasa aman untuk pengguna jalan, Pemda Konawe melakukan penebangan pohon sepanjang jalan Kota Unaaha "

KONAWE, TELISIK.ID - Mengantisipasi terjadinya pohon tumbang serta memberikan rasa aman untuk pengguna jalan, Pemda Konawe melakukan penebangan pohon sepanjang jalan Kota Unaaha, Jumat (29/9/2023).

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, memimpin langsung jalannya penebangan pohon di sepanjang batas Kota Unaaha di Kelurahan Ranoeya hingga Kelurahan Kasupute Kecamatan Wawotobi, didampingi Sekda Konawe Ferdinand Sapan, bersama seluruh OPD lingkup Pemda Konawe.

Pada kesempatan itu, semua OPD tampak kompak menjalankan perintah Pj bupati. Seluruh staf dikerahkan untuk melakukan kegiatan pembersihan, pemangkasan dan penebangan pohon.

Kegiatan Jumat Bersih ini juga turut di-backup oleh TNI dan Polri (Polres Konawe) yang dipimpin langsung oleh Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, didampingi Waka Polres Jamaluddin Saho, bersama jajaran.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mengatakan, kegiatan bersih-bersih dan pemangkasan hingga penebangan pohon ini dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat khususnya bagi pengendara roda dua maupun roda empat dan pengguna jalan lainnya.

Baca Juga: Mantan Kabag Humas Kota Kendari Tewas Tertimpa Pohon

"Beberapa waktu lalu salah satu ASN menjadi korban pohon tumbang, kita tidak ingin ada lagi korban jiwa selanjutnya akibat tertimpa pohon di pinggir jalan," ungkapnya.

Harmin Ramba menjelaskan, semua Kepala OPD dan Kepala Bagian diberikan tanggung jawab masing-masing satu pohon untuk ditangani. Sehingga beban tanggung jawab mereka sama, tidak ada perbedaan.

Lebih lanjut Harmin mengatakan, pohon yang telah ditebang akan dilakukan peremajaan atau akan diganti dengan pohon lain, sehingga tidak terjadi pengurangan tanaman tumbuh di wilayah setempat.

"Satu pohon yang ditebang kita akan ganti sepuluh pohon baru. Penanaman pohon itu akan dilakukan di tempat lain karena itu ada aturan yang mengatur, pohon yang ditebang harus diganti dengan pohon lain," jelasnya.

Menurut Harmin, program bersih-bersih ini juga akan terus berlanjut selama dirinya menjabat sebagai Pj Bupati Konawe.

Baca Juga: Pohon Tumbang di Jalan Poros Labusa, Akses Transportasi Buton Selatan-Baubau Terganggu

"Kita programkan Jumat Bersih karena ini berkaitan secara langsung dengan program yang akan dilaksanakan selama menjabat di Kabupaten Konawe untuk tata keindahan Kota Unaaha," pungkasnya.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan, dengan adanya penebangan pohon ini diharapkan agar tidak ada lagi korban jiwa akibat tumbangnya pohon yang sudah tua dan lapuk.

Ferdinand menambahkan, pihaknya akan melihat dan memantau pohon-pohon jalan di Kota Unaaha yang berpotensi menimbulkan bencana pohon tumbang. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga