Cegah Klaster Keluarga, Tim Hunter Jatim Jemput Pasien COVID-19 di Rumah

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 23 September 2020
0 dilihat
Cegah Klaster Keluarga, Tim Hunter Jatim Jemput Pasien COVID-19 di Rumah
Tim Hunter saat melakukan penjemputan warga. Foto: Ist.

" Kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif, agar tidak menjadi klaster keluarga, lebih baik ke Rumah Sakit Lapangan. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pemprov Jawa Timur (Jatim) bersama Polda Jatim melakukan penjemputan terhadap pasien COVID-19 sebagai antisipasi munculnya klaster keluarga.

Sudah selama tiga hari, aksi penjemputan tersebut dilakukan oleh tim hunter dengan mendatangi rumah-rumah warga untuk menjemput anggota keluarga yang terpapar COVID-19.

Sekda Jatim, Heru Tjahjono mengungkapkan, langkah jemput pasien itu sebagai upaya preventif atau pencegahan agar tidak menimbulkan klaster keluarga. Heru minta, agar masyarakat memanfaatkan fasilitas RSDL tersebut.

"Kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif, agar tidak menjadi klaster keluarga, lebih baik ke Rumah Sakit Lapangan," ungkapnya, Rabu (23/9/2020).

Heru mencontohkan, hari ini, Rabu (23/9/2020) Gugus Tugas dan Tim Hunter atau pemburu warga yang terkonfirmasi COVID-19, mendatangi empat titik alamat pasien yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun, dinilai tidak semestinya.

Baca juga: 1 Oktober, Fery Lintas Baubau-Kadatua Resmi Berlayar

Seperti pada titik pertama, di wilayah Rungkut Tengah yang bersangkutan memang beralamat di situ, namun tidak berdomisili di alamat tersebut. Kemudian tim bergeser ke Rungkut Menanggal yang bersangkutan sering berkeliaran.

Tim melanjutkan penjemputan di wilayah Pandugo, tetapi yang bersangkutan telah melakukan isolasi di Asrama Haji, setelah dijemput oleh pihak Pemkot Surabaya. Sedangkan titik ke empat, wilayah Kutisari, pasien dijemput dan diantar ke RSDL.

"Dan ini seluruh teman-teman Gugus Jatim melakukan operasi untuk mengimbau mereka masuk Rumah Sakit," tandasnya.

Dalam operasi penjemputan ini, Gugus Tugas menurunkan sebanyak dua unit Mobil Hunter COVID-19, dua unit Ambulance dari Pemda dan RS Bhayangkara, satu unit mobil BPBD, serta tim negosiator.

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga