Cegah Korban Jiwa, BPBD Kota Kendari Simulasi Gempa

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
Cegah Korban Jiwa, BPBD Kota Kendari Simulasi Gempa
Pegawai Kanwil DJPb Kemenkeu RI Sulawesi Tenggara mengamankan diri di bawah meja saat terjadi bencana gempa. Seperti ini salah satu simulasi gempa yang dilakukan BPBD Kota Kendari. Foto: Ist.

" Melatih kesiapsiagaan para pegawai di lingkungan gedung tentang bagaimana mengambil sikap dan tindakan ketika menghadapi bencana gempa bumi "

KENDARI, TELISIK.ID - Melatih kesiapsiagaan para pegawai di lingkungan gedung tentang bagaimana mengambil sikap dan tindakan ketika menghadapi bencana gempa bumi. 

BPBD Kota Kendari melakukan materi simulasi kebencanaan gempa di kantor Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu RI Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kendari, Rabu (29/11/2023).

Simulasi ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang pencegahan dan kesiapsiagaan serta evakuasi dalam penanggulangan bencana.

Sebelum simulasi dimulai, BPBD memasang rambu-rambu jalur evakuasi dan titik kumpul.  Simulasi evakuasi bencana gempa bumi dimulai dari sirine pertama, di mana semua orang berlindung di tempat masing-masing, kemudian jeda sirine.

Baca Juga: Lowongan Kerja: PT Bina Artha Buka 29 Lowongan untuk 3 Jabatan

Kemudian berlanjut ke sirine kedua, pelaksanaan evakuasi. Pada momen ini semua orang diminta menuju titik kumpul evakuasi, selanjutnya pengecekan warga lantai oleh Floor Captain, laporan Floor Captain kepada Building Manager, Laporan Building Manager kepada Incident Commander, dan yang terakhir pernyataan selesai dari Incident Commander.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Kendari Fadlil Suparman mengaku, salah satu faktor utama penyebab timbulnya banyak korban akibat bencana seperti gempa bumi adalah, karena kurangnya pengetahuan tentang bencana dan kesiapsiagaan bencana terutama gempa bumi.

Oleh karena itu, sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana gempa bumi di lingkungan kantor yang rentan bencana serta kesiapsiagaannya sangat penting untuk menghindari atau memperkecil risiko menjadi korban.

"BPBD akan terus berupaya memberikan pelayanan khususnya dalam pencegahan bencana," ungkap mantan Kadis Kominfo Kota Kendari ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kendari Rahmat Yunus menjelaskan, diadakannnya simulasi evakuasi bencana gempa bumi, diharapkan para pegawai di Kanwil DJPB Sultra dan Kantor KPKNL Kendari, mempunyai pemahaman yang lebih tentang kebencanaan serta tidak panik.

"Kami berharap, mereka bisa lebih siap dan siaga saat terjadi bencana alam, seperti gempa bumi mengingat potensi kejadian bencana semakin meningkat," ungkapnya.

Baca Juga: Ratusan Aparat Desa se-Sulawesi Tenggara Ikut Seminar Akademik UT Kendari

lebih lanjut ia menambahkan, BPBD Kota Kendari sangat berkomitmen dalam upaya pencegahan bencana. Mereka juga sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada kantor DJPB dan KPKNL dan semua peserta dalam mengikuti kegiatan dalam upaya mengurangi risiko bencana.

BPBD menginformasikan pada kantor/unit kerja lain baik negeri maupun swasta yang ingin melakukan simulasi bisa menghubungi BPBD Kota Kendari.

"Secepatnya akan kami respon dan ditindaklanjuti dan semua tanpa biaya alias gratis karena ini merupakan bagian dari tupoksi kami," pungkasnya.

Sebelumnya BPBD juga melakukan monitoring dan evaluasi pada sekolah terkait program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di beberapa SD, SMP dan Tsanawiyah. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga